Sabtu, 27 Agustus 2016

Bukti Ilmiah 54


Bukti Ilmiah Hukum Karma dan Tumimbal Lahir
(Bagian 54)

Angka penceraian di setiap negara dari tahun ke tahun selalu terjadi peningkatan, menimbulkan persoalan serius dalam masyarakat. Tahun 2001 di Taiwan, dari setiap 3,5 pasang suami istri, ada sepasang yang bercerai, menempati peringkat pertama di Asia.

Pada umumnya, anak yang dibesarkan oleh orangtua tunggal akan jatuh dalam pergaulan buruk, melakukan berbagai kejahatan, maka itu apabila ketidakharmonisan dalam keluarga tidak diselesaikan, maka dengan angka penceraian yang tinggi, kehidupan masyarakat juga sulit untuk bisa harmonis, juga sulit untuk bisa tenteram.

Jadi bagaimana solusinya? Yakni dengan pendidikan, belajar ajaran insan suci dan bijak tempo dulu, mengajari manusia agar menyingkirkan kebencian di hatinya, mengurai permusuhan. Menyatukan budi kebajikan, etika moral dan kasih sayang suami istri, memahami kewajiban masing-masing, dapat saling memaafkan dan memaklumi, dengan demikian barulah dapat hidup dengan harmonis.

Apabila selalu melihat kekurangan pasangannya, dalam hati selalu membencinya, maka ikatan permusuhan tidak bisa terurai. Permusuhan ini mungkin dijalin dari masa kehidupan lampau, pada masa kehidupan sekarang bereaksi kembali, apabila tidak diurai, maka ikatan permusuhan ini dari kelahiran demi kelahiran akan semakin mendalam, maka itu jangan menjalin permusuhan dengan orang lain.

Pikiran adalah majikan, asalkan di dalam hati dapat melepaskan kebencian dan perasaan tidak adil, hidup dalam dunia yang diliputi kasih sayang, kedamaian, dan berterimakasih, barulah dapat menyelesaikan persoalan, maka itu bila ingin mengurai permusuhan maka harus dimulai dari hati.

Petikan Ceramah Dr. Zhong Mao-sen / Venerable Ding Hong


(五十四)

每個國家的離婚率都年年攀升,造成嚴重的社會問題。二00一年台灣每三點五對夫妻,就有一對離婚,二00二年美國離婚人數有八十萬,二00三年中國有一百三十三萬對夫妻離異,台灣高居亞洲第一。據統計,單親家庭的兒女與正常家庭的孩子相比,成長過程較不正常,吸毒、強姦、婚前性行為等不良的傾向,較正常家庭的孩子高出九到三十二倍,所以不能解決家庭不和、離婚率高的問題,社會就很難和諧也無法安定。

解決的方法是甚麼呢?就是古人提倡的「教學」,教導人們把內心的怨恨、衝突化解。夫妻是恩義、道義、情義的結合,要明白自己的責任,能夠原諒對方,包容對方,這樣才能和諧相處。假如內心懷有對對方的怨恨,還看到對方不好的地方,內心跟他起衝突,這樣怨結就無法打開。這些怨結可能是過去生的,這一世又發作起來,如果不化解,難免仇人見面分外眼紅,生生世世,愈結愈深,所以不要跟人家結怨。心是主宰,只要內心能放下怨恨不平,生活在愛和感恩的世界裡,才能解決問題,所以要化解怨恨,必須從心開始。

文摘恭錄 — 因果輪迴的科學證明
鍾茂森教授主講