Sabtu, 14 Januari 2017

Cara menghadapi godaan Mara


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara menghadapi godaan Mara?

Diri sendiri mesti giat melatih diri, bertobat, melimpahkan jasa untuk mengurainya. Setiap praktisi pasti akan melewati godaan Mara. Serupa dengan Buddha Sakyamuni sebelum mencapai KeBuddhaan, harus melewati cobaan dari Raja Mara Papman.

Apabila dapat melewati rintangan ini maka anda telah berhasil, sebaliknya bila tidak lolos dalam ujian tersebut, maka terus berputar di enam alam tumimbal lahir.

Menghadapi godaan Mara, kita tidak boleh menggunakan sikap melawan dan menggunakan hati yang penuh amarah atau kebencian, oleh karena ini hanya akan memperberat karma buruk, selamanya takkan bisa mengurai ikatan permusuhan dengan musuh kerabat penagih hutang.

Lantas apa yang harus kita lakukan? Saat kondisi tidak menyenangkan muncul di hadapan, terimalah dengan ikhlas, jadi walaupun godaan Mara muncul namun kita tetap melanjutkan belajar dan pelatihan diri kita, takkan mundur dan berhenti.

Apabila merasa sangat capek maka istirahatlah, selesai istirahat lanjutkan lagi melatih diri, takkan mundur hatinya, dengan demikian godaan Mara akan kian ringan dan akhirnya anda berhasil melewati rintangan ini, karma buruk juga ikut tereliminasi.

Seperti dalam legenda “Kisah Perjalanan ke Barat”, konon Bhiksu Tang harus melewati rintangan sebanyak  81 cobaan, menunjukkan bahwa dalam perjalanan melatih diri bukanlah lancar selalu, harus menaklukkan godaan Mara, barulah anda bisa berhasil.  

Jadi cara yang paling efektif untuk menaklukkan godaan Mara adalah giat melatih diri, siang malam melafal Amitufo berkesinambungan tak terputus, dengan demikian godaan Mara apapun juga bisa anda urai.             

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-135
Tanggal : 19 Januari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation



  刚才我也回答了这个问题,你跟他很类似。对待魔扰,就是自己要通过努力精进修学、忏悔、回向来化解。每一个修行人必定要经过魔扰。像释迦牟尼佛成佛之前,那都要经过魔王波旬的考验。你能够过得这个关,你就成就,过不了关,那一直就在六道里待著。对待魔扰,我们不能用对抗的心理,用愤怒瞋恚的心,只会加重业障,永远化解不了这些有缘众生对我们的怨恨。我们应该怎么做?逆来顺受,有魔扰,我们就挺著,我们依旧是认真的修学。如果感觉得身体很疲惫,可以休息,休息好了起来再干,不退心,那个魔扰自自然然就会愈来愈轻微,你过了这关,业障就消除。在修行路上要过五关斩六将,像《西游记》里面讲,唐僧取经要经历九九八十一难,这就是表法,说明修学的道路不是那么一帆风顺,必须克服魔扰,你才能成功。克服魔扰最好的方式就是精进修学,二六时中一句佛号不间断,你什么魔扰都能化解。
  
选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三五集)  2012/1/19  香港佛陀教育协会