Sabtu, 22 Oktober 2016

Bolehkah tidak membaca SUTB


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Hanya mendengar ceramah dan melafal Amituofo, tidak membaca “Sutra Usia Tanpa Batas”, apakah boleh begini?

Boleh juga, terpulang pada anda sendiri. Tetapi membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” memiliki banyak keunggulan, apa alasannya? Ajaran yang tercantum di dalamnya telah mencakup secara keseluruhan, selain itu juga membantu anda melatih samadhi.

Tetapi apabila anda merasa sudah mampu melafal Amituofo tanpa muncul bentuk-bentuk pikiran, saya cuma mendengar ceramah Dharma dan melafal Amituofo saja, begini juga boleh.

Membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” membantu kita meredakan bentuk-bentuk pikiran, terutama bagi praktisi pemula, ketika baru memulai melafal Amituofo, pikiran masih berkeliaran dan terbang melayang-layang, maka lebih mudah membaca sutra untuk melatih hati yang terfokus.   

Oleh karena ketika membaca sutra, perhatian harus terpusat, agar tidak salah membacanya. Tidak seperti melafal Amituofo, kadang kala kita membiarkannya lewat begitu saja. Mulut melafal Amituofo tapi pikiran sudah melalang buana.

Lain halnya dengan membaca sutra, kalau sempat berkhayal, anda tidak tahu sudah sampai dimana bacanya, barulah menyadari pikiran anda tidak terfokus, jadi tidak boleh begini, harus memusatkan perhatian, kalau tidak, bacanya tidak selesai-selesai.

Jadi banyak manfaat dari membaca sutra, juga membantu meningkatkan pikiran terfokus dalam melafal Amituofo, menanam landasan yang kokoh buat melafal Amituofo.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-140
Tanggal : 4 Pebruari 2012





也可以,看你自己。不过念《无量寿经》确实是很殊胜,为什么?里面的教理它全讲到了,而且也是帮你修定力。但是如果你觉得我念佛真的就可以没有杂念,我听经、念佛就可以,也可以。念《无量寿经》帮助我们断除妄念,特别是初学,一开始你念佛那是妄念纷飞,不如念经容易摄心。因为经有意思,你读起来你得要专注,要不然你读错行了,逼著你用心。不像念佛,有时候随口念,自己都不知道心里想到哪了,心猿意马,那口还念阿弥陀佛。念经不行,你心猿意马就念错,念错就卡壳,你就知道我现在打妄想了,不行,得专注,有这个好处。等於说帮助你进入念佛的一个前期准备,是个很好的基础工作。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四0)  2012/2/4