Senin, 24 Oktober 2016

Memadamkan nafsu menuju Sukhavati



Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Suami istri suka mengumbar nafsu indria, apakah masih bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, apa alasannya? Oleh karena anda tidak berniat memadamkan nafsu cinta, nafsu cinta merupakan akar tumimbal lahir.

Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Bab 25, telah dijelaskan bahwa :
Buddha berkata lagi kepada Ananda : Jika ada praktisi yang bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, dalam kehidupan keseharian, walaupun tidak bisa seperti praktisi tingkatan atas yang begitu gigih dan tekun, melatih samadhi; juga tidak dapat sepenuhnya menerima dan mengamalkan ajaran sutra, namun harus melenyapkan karma buruk, melatih sepuluh kebajikan. Sepuluh kebajikan meliputi :
1. tidak membunuh
2. tidak mencuri
3. tidak melakukan perbuatan asusila
4. tidak berdusta
5.tidak mengucapkan kata-kata rayuan gombal, memikat dan yang menyesatkan.
6. tidak mengucapkan kata kasar
7. tidak mengadu domba
8. tidak serakah (alobha)
9. tidak membenci (adosa)
10. tidak bodoh (amoha) : memahami hukum karma

Kesimpulannya kalau tidak bisa giat melatih samadhi, tapi juga harus menjadi putra berbudi dan putri berbudi, standar untuk putra berbudi dan putri berbudi ini adalah sanggup mengamalkan “Sepuluh Kebajikan”, butir ke-3 dari “Sepuluh Kebajikan” adalah “Tidak melakukan perbuatan asusila”.

Nafsu indria merupakan khayalan, lebih baik memperbanyak melafal Amituofo, mensucikan hati dan pikiran, dengan sendirinya bentuk khayalan ini takkan muncul lagi, hendaknya giat berusaha memadamkan nafsu indria, menuju pada pembebasan sejati yakni Negeri Buddha Amitabha.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-125
Tanggal : 20 November 2011
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation     




不能往生。为什么?因为你爱欲不肯断,爱欲是生死轮回的根本。《无量寿经》里也讲得很明确,二十五品里面讲到,若「不能精进禅定」,就是不能够做到修学很精进,「要当作善」,那你要修善,做个善男子善女人。这个善有标准,就是「一不杀生,二不偷盗,三不淫欲」等等,这里没有讲「三不邪淫」,跟《十善业道经》讲的不一样。《十善业道经》讲不邪淫,这是世间的善;《无量寿经》里讲不淫欲,这是出世间的善。实在讲,淫欲也是妄念,你多念佛,心清净,自然这些欲望就不会起来,要朝这个方向去努力。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一二五集)  2011/11/20  香港佛陀教育协会