Sabtu, 21 Januari 2017

Cinta dan akal sehat


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara membedakan hati yang melekat pada cinta dan hati yang tanpa perasaan cinta?

Kemelekatan pada cinta dan tanpa perasaan cinta merupakan dua hal yang jauh berbeda. Orang yang tidak punya perasaan cinta adalah berdarah dingin, mementingkan diri sendiri, tidak pernah memikirkan kepentingan orang lain, ini adalah orang yang tak berperasaan.

Sedangkan orang yang tidak melekat pada perasaan cinta, orang begini justru memiliki cinta kasih universal, oleh karena cinta kasihnya ini bukan berasal dari kemelekatan, tetapi muncul dari kebijaksanaan, sehingga kasih sayang dan uluran tangan darinya dikucurkan tanpa pamrih dan dalam dosis yang tepat, takkan kekurangan dan takkan pula kelebihan, oleh karena dia memiliki kebijaksanaan, kasih sayangnya menggunakan akal sehat dan bukan secara emosional.

Kalau memakai perasaan emosional, maka hilanglah akal sehat dan kebijaksanaannya, cinta kasih tersebut sudah bersifat individu. Jadi perbedaannya terletak pada perasaan cinta kasih universal atau kemelekatan pada cinta, apakah kita menggunakan akal sehat atau perasaan emosional.

Belajar Ajaran Buddha adalah belajar menggunakan akal sehat, tidak boleh menggunakan perasaan emosional, justru tanpa menggunakan perasaan emosional, kala kita mengulurkan tangan kepada orang lain, kita bisa membantunya dengan lebih baik lagi, bahkan terhadap ayahbunda, suami-isteri, putra-putri sendiri juga sedemikian rupa.      

Oleh karena apabila anda memiliki kemelekatan cinta pada mereka, maka anda sudah terjebak di dalamnya; anda harus melompat keluar dari lingkaran tersebut, barulah anda bisa melihat persoalan dengan jelas, barulah anda bisa memberi bantuan secara tepat, takkan timbul beban pikiran dan efek samping. 

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-141
Tanggal : 7 Pebruari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation

  


无爱心和情执轻,这个是两码事。没有爱心是对人冷漠、自私自利导致的,他只想到自己,不想到别人,这就是没有爱心。没有情执,这个人他会很有爱心,他这个爱心不是由情执里生的,而是从智慧里生的,所以他对一切人的帮助、爱护非常的得体,既不会不足,也不会过分,因为他有智慧,这是依理智不是依感情。如果用感情,往往是会产生情绪,有情绪了就不会有智慧,那个爱心也自然就没有了。所以区分有没有爱心和是不是情执,我们从感情来行事还是理智行事,从这里可以区分。学佛是学理智,不能用感情,当我们不用感情的时候,往往帮助别人帮助得都会更好,连对自己的父母、妻子、儿女都是如此。因为你要是对他们有情执,你是陷在局内了;你必须要跳出局外,你才能够把问题看得清楚,你帮助才能够恰到好处,也不会产生烦恼和副作用。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四一集)  2012/2/7  香港佛陀教育协会