Selasa, 18 Oktober 2016

Siapa yang lebih sakti


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bertemu masalah berat, sebaiknya melafal Amituofo atau nama Bodhisattva Avalokitesvara?

Anda jangan membeda-bedakan, jangan ada kemelekatan, Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara adalah satu kesatuan, hanya saja tekad yang diikrarkan tidak serupa.

Bodhisattva Avalokitesvara menitikberatkan mendengar suara dan menolong makhluk yang menderita, ketika para makhluk berada dalam ancaman bahaya dan ketakutan, melafal nama Bodhisattva Avalokitesvara, akan terbebas dari ancaman bahaya tersebut.   

Sedangkan tekad Buddha Amitabha adalah menjemput para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya keluar dari lautan samsara, jadi bukan hanya menolong anda dari ancaman bahaya untuk sesaat saja, tapi buat selama-lamanya,  supaya petaka anda lenyap buat selama-lamanya.

Jadi perbedaan itu terletak pada tekad yang diikrarkan. Tetapi apabila memang bertemu dengan masalah berat, baik memohon pada Buddha Amitabha maupun Bodhisattva Avalokitesvara, kedua-duanya juga manjur, hanya saja melihat anda biasanya melafal yang mana, anda biasanya fokus melafal yang mana.

Oleh karena kalau sudah terbiasa melafal yang mana, jasa kebajikan dari terbiasa ini lebih besar, apa alasannya? Oleh karena kalau sudah terbiasa melafal, maka pikiran pun jadi mudah terfokus, mudah mendatangkan mukjizat.

Tetapi kalau anda masih membeda-bedakan, sibuk memikirkan entah mau melafal Amituofo atau nama Bodhisattva Avalokitesvara, entah mana yang lebih manjur, maka di dalam hati anda sedang menghitung-hitung, mengukur-ukur, menimbang-nimbang, membanding-bandingkan, akibatnya kesucian hati anda jadi rusak, sehingga jadi tidak sakti lagi alias tidak efektif lagi.    

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-189
Tanggal : 23 September 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation



  
你不要去分别,不要去执著,观世音菩萨跟阿弥陀佛是一不是二,只是他们这个愿的取向稍有不同。观世音菩萨愿重在寻声救苦,众生有急难恐怖的时候,念观世音菩萨名号就能得到解脱。阿弥陀佛的愿取向是接引众生到西方极乐世界,是永脱苦海,不是救你一时的急难,是你永远的灾难都消除,所以这个取愿不一样。但是真的遇到重大问题,求观世音菩萨是很灵验,求阿弥陀佛也很灵验,所以你念观音也行,念阿弥陀佛也行,看你习惯念哪个。念习惯了,这个习惯之后的功德会比较大,为什么?你念习惯了心容易清净,容易有感应。但是如果你分别执著,我是念观世音菩萨好、还是念阿弥陀佛好?你在那里计度、比较、思惟,把你清净心给破坏了,就没什么效果。
  
选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一八九集)  2012/9/23