Selasa, 18 Oktober 2016

Cara memohon jodoh


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana agar bisa mendapat pasangan hidup, yang bisa belajar Ajaran Buddha bersama-sama?

Ini sungguh tidak mudah, terutama pada era sekarang ini, kadang kala kita berpikir segalanya bisa terkabul sesuai dengan keinginan, namun akhirnya yang terjadi malah tidak sesuai dengan impian.

Maka itu saat menjalin hubungan cinta adalah berkobarnya api asmara, setelah menikah adalah alat pemadam kebakaran, gejolak perasaan yang membara itu kini telah tiada lagi. Apa alasannya? Oleh karena kedua belah pihak mulai melihat dengan jelas tabiat asli masing-masing.  

Bila anda ingin mendengarkan perkataan yang sejujurnya, maka saya nasehati anda bahwa pernikahan itu termasuk jalinan asmara. Jalinan asmara janganlah taruh di hati, anda jangan melekat padanya.

Apabila melekat padanya, ini juga merupakan nafsu keinginan, ini merupakan pikiran yang tercemar, dengan pikiran yang tercemar ini, bagaimana bisa bersua dengan jodoh yang suci? Jadi janganlah memohon akan munculnya jodoh tersebut.

Jaman dulu ada sebuah kata pepatah “Pernikahan adalah karunia Tuhan”, biarlah Tuhan yang mengaturnya buat anda.

Baik-baiklah belajar Ajaran Buddha dan mengamalkannya, membangkitkan keyakinan dan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, inilah yang harus dimohon, ini adalah permohonan suci.

Apabila jodoh anda memang sudah tiba, maka akan muncul seseorang yang memiliki tujuan dan arah yang sama denganmu, bersama-sama melewati sisa hidup di dunia.

Sebaliknya bila anda memohon dan mengharapkan kemunculannya, maka mungkin saja jodoh yang muncul malah tidak memiliki tujuan dan arah yang sama denganmu, yang bisa saling menciptakan jodoh Dharma.

Maka itu untuk memperoleh jodoh yang suci adalah memulainya dengan hati yang suci, tidak ada nafsu keinginan di dalamnya.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-174
Tanggal : 14 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




这个很不容易,尤其是在现在这个时代,有时候我们是一厢情愿,最后结果可能完全不是我们想像的那样。所以,恋爱的时候是火,结婚的时候就变成灭火器,那股热情就没有了。为什么?互相就认识本来面目了。所以我觉得,你要听我的真实话,我就这样奉劝你,这些结婚的缘属於情缘,情缘的事情最好不要放在心上,你不要去求。有求,这个求的念头是一种欲念,这已经是染污的念头,用染污的念头去求,怎么可能碰上个很清净的缘?很不容易。所以,我劝你还是不要求,古时候有句话讲「姻缘天赐」,让天来赐给你就好,你不要求。应该求什么?求认真的修学,对佛法教理的解悟、力行,求证果、求往生,求这个,这是清净的求。假如你真有这样的缘,就会出现跟你志同道合的人,碰上了大家可以一起过。但是千万不要染,不染,最开始就不要求,你有求,你肯定会染。染了,就不可能像你这里讲的互相创造法缘,就难,不是法缘,变成情缘,情就有烦恼。法缘是清净的,清净的果,要用清净的因才能感得,清净的因,就是最初自己心要清净、没有欲求,你就会有清净的果报。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七四集)  2012/7/14  香港佛陀教育协会