Selasa, 10 Januari 2017

Musuh mengancam lewat mimpi


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Dalam mimpi, musuh kerabat penagih hutang bilang takkan melepaskan diriku, apa yang harus kulakukan untuk mengurai ikatan permusuhan ini?

Harus bertobat, bertobat padanya, melatih diri dengan tekun, setiap hari mesti mendengar ceramah Dharma, bernamaskara pada Buddha, menghapus kejahatan dan menimbun kebajikan, giat belajar Tridharma (Ajaran Konfusius, Buddha dan Tao).

Setelah anda menanam akar Tridharma dengan kokoh, maka akan ada Dewa Pelindung Dharma, mereka akan melindungimu. Anda melatih diri dan mengamalkan dengan serius, Buddha dan Bodhisattva juga datang melindungimu, musuh kerabat penagih hutang takkan berdaya.

Sebaliknya anda tidak melatih diri dan tidak mengamalkan dengan serius, cuma berpura-pura, tidak ada ketulusan hati dan rasa hormat, mengelabui diri sendiri dan orang lain, maka musuh kerabat penagih hutang yang berada di samping akan mengejekmu, baguslah, anda ini memang munafik penuh kepura-puraan, lihat saja bagaimana saya membereskan dirimu!

Maka itu kuncinya terletak pada apakah kita serius atau tidak melatih diri. Orang yang bersungguh-sungguh melatih diri takkan cemas hatinya, merisaukan bagaimana caranya menghadapi musuh kerabat penagih hutang? Praktisi sejati akan berusaha menggugah dan menyelamatkan musuhnya, mengurai ikatan permusuhan.

Melihat anda melatih diri dan mengamalkan dengan kesungguhan hati, musuh anda juga akan salut padamu, dia akan beralih menjadi Dewa Pelindungmu.   

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-189
Tanggal : 23 September 2012



要忏悔,向他忏悔,要精进的修行,每天要听经、要拜佛、要断恶修善,努力把三个根扎好。你三个根扎好了,你会有护法神,他们保护你。你在真修真干,佛菩萨都来护念你,冤亲债主就无可奈何。如果你不是真修真干,搞假的,没有那种诚敬的心,自欺欺人,冤亲债主在旁边看到就得笑话,好,你在这里搞假的,看我怎么收拾你!所以关键是我们自己是不是真干。真干的人根本不会去担心,冤亲债主我们怎么对付他?真干就是在感化他,就是解冤释结。看到你真修真干,他会佩服你,他会来做你的护法。

选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一八九集)  2012/9/23