Sabtu, 22 Oktober 2016

Memohon dikaruniai pasangan hidup


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apakah boleh memohon pada Buddha supaya dikaruniai pasangan hidup?

Buddha menuruti kehendak para makhluk, Buddha akan mengabulkan permohonan setiap makhluk yang memanjatkan doa padaNya. Ini merupakan upaya kausalya dari Buddha guna menuntun para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga secara perlahan membimbing para makhluk memasuki kebijaksanaan Buddha.  

Sekarang anda masih belum berminat jadi Buddha, tidak sudi bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, cuma memohon pasangan hidup, maka Buddha juga akan mengajarimu bagaimana supaya bisa mendapat jodoh dengan cara yang halal alias cara yang benar. Dengan cara yang benar barulah hati bisa jadi tenang.

Setelah berhasil mendapat pasangan hidup, Buddha akan mengajarimu bagaimana meningkatkan kualitas batin, jadi tidak hanya minta jodoh melulu, tapi harus mengembangkan KeBodhian (pencerahan), menuju pada pencapaian KeBuddhaan. Inilah upaya kausalya dari Sang Buddha, anda harus memahaminya.

Jadi apakah bisa memohon dikaruniai pasangan hidup? Tentu saja bisa, para Buddha menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan para makhluk, bagaimana tidak mendengarkan permohonanmu?

Jujur saja, walaupun melarang anda memohon, tapi anda tetap saja akan memohon, jadi lebih baik membiarkan anda memohon. Menanti hingga suatu hari nanti anda jadi tercerahkan, anda takkan memohon lagi, hati yang memohon itu telah dilepaskan.

Anda bisa kembali ke jalan yang benar, kembali membangkitkan kesungguhan hati belajar Buddha Dharma, memahami jasa kebajikan dari melafal Amituofo, bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, sehingga bukan saja satu masa kehidupan sekarang anda bisa meraih kebahagiaan, bahkan setelah terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya terbebas dari lautan derita.   

Maka itu, Buddha tidak saja membantumu memperoleh kebahagiaan buat satu masa kehidupan saja, namun kebahagiaan buat selama-lamanya.

Saya menasehati anda supaya perbanyak mendengar ceramah Dharma, oleh karena mendengar ceramah akan mengembangkan kebijaksanaan, barulah anda tahu bagaimana memilih jalan hidup ini, bagaimana menentukan masa depan diri sendiri.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-174
Tanggal : 14 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




我告诉你,佛氏门中是善巧方便接引众生,众生有求,佛菩萨会随顺众生的求,慢慢让他入佛智,所谓「先以欲勾牵,后令入佛智」,那些全是权巧方便。你现在不肯求作佛、不肯求往生,只想求一个好伴侣,佛就告诉你:我告诉你怎么求。你如理如法的求,真能求到,你求到,你就安心了。下来会告诉你:你要提升,不仅要求个好伴侣,更需要求菩提、求作佛。慢慢来提升你,佛这个善巧我们要懂。所以说,能不能求情侣?当然可以求,佛是恒顺众生,随喜功德,怎么能不让你求?说老实话,不让你求,你还是求,干脆就让你求。等到你什么时候觉悟,你就不求了,把有求的心放下。你能够回头,回头来认真学习佛法,来了解阿弥陀佛名号的功德,发心念佛求生净土,你就不仅这一生能够幸福快乐,而且未来你往生西方,永脱苦海。所以,佛是帮助我们不仅一生得到快乐,更重要的是生生世世无量劫都快乐。我就劝你多听经,听经有智慧,你就知道人生该怎么选择,怎么来过好这一生。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七四集)  2012/7/14  香港佛陀教育协会