Rabu, 19 Oktober 2016

Pahala kesabaran melampaui berdana


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Pahala dari melatih kesabaran adalah lebih unggul daripada pahala berdana

Belajar Ajaran Buddha harus serius mengamalkannya, takkan mencari alasan untuk memaklumi tabiat sendiri, sanggup menahan kesabaran kala menghadapi cobaan, apakah anda benar-benar belajar Ajaran Buddha atau bukan, dapat dilihat dari sini. 

Apakah anda sanggup mengalah? Apakah anda sanggup menahan sabar kala menghadapi cobaan? Cobaan ini merupakan ujian dari Buddha dan Bodhisattva, untuk menguji kesabaranmu, meskipun sampai mengambil alih seluruh harta benda keluargamu, anda merasa difitnah, meskipun anda bisa memperjuangkan dan merebut kembali harta benda milikmu, tetapi apabila anda sanggup menahan kesabaran dan melepaskannya, maka kelak pahala anda akan lebih besar dari pada sekarang ini.   

Apa yang ada di dalam garis hidup anda, meskipun anda mengalah keluar, bukan berarti takkan ada lagi, malah semakin mengalah, yang akan anda peroleh akan semakin banyak, semakin berdana semakin kaya.

Asalkan tidak timbul beban pikiran, tidak muncul kebencian, hati anda adalah seimbang dan tenang, maka pahala anda akan semakin bertambah. Pahala dari melatih kesabaran lebih unggul dari berdana.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-186
Tanggal : 15 September 2012



我们要学佛,那得真刀真枪干,对自己的习气毛病绝不姑息,就在境界上得考验,你是不是真学佛,就从这可以看到。你能不能让,能不能忍?一部汽车、二十万现金就忍不下去,那如果他要要你命呢?你更忍不了了。所以想到佛菩萨的行为,我们当生惭愧心,确实很不足,要努力、要改过自新、要生感恩心,这些境界都是佛菩萨来考验。你能忍得过,即使是他把你全部的家当都没收了,你是冤枉的,你本来可以要回来,但是你能够忍得住,放得下,我跟你讲,你以后的福报比现在要大得多。你命中该有的,不是说你让出去就真的没有了,不会的,愈让愈多,愈布施愈富有。只要你不生烦恼、不生瞋恚,你心平气和,将来的福报与日俱增,修忍辱的福报,比修布施的福报更殊胜。六度,菩萨六度,布施、持戒、忍辱、精进、禅定、智慧都能修福报,而且一个比一个殊胜。你布施,三种布施,财布施、无畏布施、法布施帮助别人,这功德大不大?很大。但是你能持戒,这个功德比布施更大。持戒是做好样子,真正受持经典,「假令供养恒沙圣,不如坚勇求正觉」,持戒是你在坚勇求正觉;你能忍辱,那更是比持戒功德还要殊胜;精进又更胜;到得禅定,那个福报不在欲界天,欲界天的福报都不够了,你至少是色界天以上,禅定天;到开了智慧,你的福报是尽虚空遍法界,开悟了,你跟宇宙融为一体,你是法身如来,哪能说得出那个福报功德?不可思议。正好佛菩萨是帮助我们提升,现在让我们又修布施、又修忍辱,好事情。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一八六集)  2012/9/15