Minggu, 23 Oktober 2016

Apa susahnya jadi Veggie


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Harus selalu menghadiri undangan makan, hidangan di atas meja ada menu dagingnya, bagaimana sebaiknya?

Dalam melakukan interaksi sosial, baik dengan rekan kerja maupun rekan bisnis, tak terpisahkan dari acara makan, anda boleh terlebih dulu mengatakan pada mereka bahwa anda adalah seorang Veggie. Saya tidak makan daging, oleh karena daging tidak baik buat kesehatanku, mohon dimaklumi.

Saya percaya mereka bisa memaklumi dirimu, kalau tidak ada pilihan lainnya, anda boleh hanya makan sayur mayur di atas piring hidangan, begini juga boleh.

Dalam menyelenggarakan jamuan makan, ada baiknya bila menggunakan hidangan buffet, sehingga tamu boleh bebas memilih makanan yang diinginkannya, bisa makan seberapa boleh mengambil secukupnya, takkan menghamburkannya.

Sekarang restoran dan rumah makan, sebagian besar juga telah menyediakan menu buffet, rasanya juga lumayan. Maka itu ketika mengajak tamu makan bersama, boleh membawa mereka ke restoran yang menyediakan hidangan buffet.         

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-179
Tanggal : 15 Agustus 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation     




上班如果你应酬,不得已跟同事或者是客户一起用餐,我建议你先跟大家说一声,说我是吃素的,我不能吃肉,吃肉对我身体非常不好,请你们谅解。我相信大家是能够同情你的,你就吃肉边菜,这样就可以。实在讲,招待大家自助餐是非常好,自己愿意吃什么就吃什么,吃多少拿多少,又不浪费。如果点菜吃不完,浪费很可惜。现在大的酒店、大的宾馆都有这种自助餐,味道也很好。我建议你招待客人,尽量带到自助餐厅。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七九集)  2012/8/15  香港佛陀教育协会