Kamis, 13 Oktober 2016

Dalam setahun kapan Malaikat datang mencatat kebajikan dan kejahatan kita


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Dalam setahun kapan Malaikat datang mencatat kebajikan dan kejahatan kita

Ada 8 periode hari dimana perbuatan kita akan dinilai, yakni :
-        Lichun atau permulaan dari musim semi
-        Lixia atau permulaan dari musim panas, 5-20 Mei
-        Liqiu atau permulaan dari musim gugur, 7-22 Agustus
-        Lidong atau permulaan dari musim dingin, 7-21 November
-        Chunfen atau equinox musim semi, 21 Maret-4 April
-        Qiufen atau equinox musim gugur, 23 September-7 Oktober
-        Xiazhi atau titik balik matahari musim panas, 21 Juni-6 Juli
-        Dongzhi atau titik balik matahari musim dingin, 22 Desember-5 Januari

Catatan :
Equinox adalah waktu siang dan malam sama lama

Ini adalah delapan perayaan yang merupakan pergantian musim dan cuaca, dimana Malaikat akan datang mencatat perbuatan baik dan jahat manusia. Dalam delapan periode waktu ini, balasan perbuatan akan lebih cepat terjadi.   

Kemudian dalam sebulan ada enam hari dimana biasanya praktisi akan menjalani pola makan vegetarian, yang juga disebut sebagai vegetarian enam hari sebulan, yakni menurut penanggalan lunar hari ke-8, 14, 15, 23, 29 dan 30.

Enam hari sebulan ini, para Dewa akan lebih memperketat pengawasan atas perbuatan yang kita lakukan, maka selama enam hari ini hendaknya lebih giat dan rajin menimbun kebajikan.

Kemudian dalam setahun pada bulan pertama, bulan lima dan bulan sembilan menurut penanggalan lunar, para Malaikat akan naik ke atas Langit menyampaikan laporan atas perbuatan kita.

Di dalam “Risalah Balasan dan GanjaranSetimpal” juga dikatakan sedemikian rupa, yang mengatakan bahwa di raga setiap insan ada “Malaikat Tiga Jasad”, yakni atas, menengah dan bawah, setiap bulan Malaikat ini akan naik ke Langit untuk melaporkan perbuatan kita kepada Kaisar Giok.

Setiap keluarga ada memuja Dewa Dapur, setiap akhir bulan, Dewa Dapur juga naik ke atas Langit untuk melaporkan perbuatan manusia.     

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Sila Dasar Aliran Sukhavati
Serial ke-14
Tanggal 16 Mei 2012




「三覆」就是三个月当中反覆的检查,看看我们的善恶到底如何。「八校谓立春、立夏、立秋、立冬,春分、秋分、夏至、冬至八日」,就是八个大的节气,这是天地气候变更的日子,也是鬼神、神明特别来监察来奖惩善恶之人的日子。这个校就是报的意思,这八个时节是报应特别快速。底下「六奏」,一月六奏,这六奏是指六斋日,每个月初八、十四、十五、二十三、二十九、三十这六天,都是讲农历,叫六斋日,这都是经上讲的。这六斋日也是上天神明监察我们最严密的日子,在这六斋日当中我们能够修善积德,修持功德超过平日。下面说,「盖谓一年之中,有三个月,向上覆禀」,这是一年之中一月、五月、九月,向上天来禀报某人的善恶,每一人他的神明都要上天去。《太上感应篇》也有同样的说法,道家跟佛家讲的很相似,说身上也有神,叫三尸神,上、中、下三尸,每个月都要上天,上天上去向天帝禀报这个人的善恶。一个家有灶神,每个月的月末也上天去禀报。「有八日上报」,这个上报,「校」就是上报,告诉天帝,由天帝下达奖惩的名义,这是每年有这八天,刚才讲的八大节气,「一月之内有六日奏明」,就是向上禀奏。

  选自 净宗根本戒  定弘法师主讲  (第十四集)  2012/5/16