Kamis, 10 November 2016

Mengatasi rasa benci


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :

Muncul masalah dalam pernikahan sehingga selalu muncul rasa benci, bagaimana cara mengatasinya?

Ini adalah persoalan bagaimana mengatasi rasa benci di hati, sesungguhnya anda tidak perlu membenci, oleh karena tiada gunanya. Yang anda perlukan adalah belajar ajaran sutra, dengan demikian anda akan mengerti bahwa segala sesuatu itu tak luput dari Hukum Sebab Akibat, pada masa kehidupan lampau bagaimana cara saya memperlakukan orang lain, maka sekarang bagaimana pula orang lain memperlakukan diriku.

Buatlah perenungan bahwa sekarang saya melunasi hutangku, kemudian selangkah lebih maju lagi, buatlah perenungan berterimakasih padanya. Dia telah berlaku buruk padaku, tapi saya justru berterimakasih atas budinya, budi apa yang dia miliki? Menyempurnakan Ksanti Paramita atau kesabaranmu, budi kebajikan ini sungguh besar.

Melatih diri adalah mengandalkan orang lain datang menempa diri kita, sehingga kekotoran batin dan tabiat anda jadi muncul keluar, barulah bisa dihapus, kebencian anda ini tertanam di sudut hati yang mendalam, melalui peristiwa ini kebencian tersebut muncul keluar, setelah itu barulah bisa dihapus, bukankah dengan demikian anda harus berterimakasih padanya?

Kelak setelah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, barulah anda menyadari bahwa mereka yang menyakitimu ternyata adalah kalyanamitra, baik kondisi suka maupun duka juga merupakan ciptaan dari Buddha Amitabha yang datang menguji diriku.     

Bila anda mampu memahami hal ini maka akan sangat bagus, ikatan kebencian pun terurai sudah, jadi pertama-tama anda perlu memahami ajaran sutra, lalu renungkanlah dengan seksama, perlahan menyesuaikan diri dengan situasi tersebut, lama kelamaan anda akan melihat bahwa semua orang adalah Buddha Amitabha, orang baik juga adalah Buddha Amitabha, orang jahat juga adalah Buddha Amitabha, baik atau buruk juga adalah Buddha Amitabha, semuanya adalah Buddha Amitabha, begini disebut sebagai Samadhi Pelafalan Amituofo, oleh karena di hati anda benar-benar cuma ada Buddha Amitabha.   

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-140
Tanggal : 4 Pebruari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




就是对治自己的瞋恨心,你不要瞋恨,瞋恨不管用,这就是你要学习经教的道理。你真听明白,知道一切都有因果,我过去如何对人,别人就如何对我,我现在作还债想,这是第一步;再往上提升,作感恩想。他对我这样,我还感他恩,他有啥恩?真有恩。什么恩?成就你的忍辱波罗蜜,这个恩德很大。修行就得靠人磨,把你的烦恼习气磨掉,你这瞋恚心埋藏在内心深处你磨不掉,通过这个境界把它发出来,发出来之后你才能磨掉,这不是应该感恩吗?将来往生净土,你才知道这些都是善知识。就像刚才我们讲的,「皆是阿弥陀佛欲令法音宣流变化所作」,全是阿弥陀佛变现。这点你要是能明白就很好,你就化解了;你不能明白,先存疑,你先说服自己承认这一点,因为这是佛经教理讲的,我们先承认。然后慢慢去体会,慢慢去习惯这样的心理、这样的状态,久而久之你习惯了,见人人都是阿弥陀佛,好人是阿弥陀佛,坏人是阿弥陀佛,善人是阿弥陀佛,恶人是阿弥陀佛,全是阿弥陀佛,你就叫念佛三昧,你心里真有佛。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四0)  2012/2/4  香港佛陀教育协会