Jumat, 21 Oktober 2016

Pentingnya Kegiatan Zhunian


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Zhunian adalah sebuah kegiatan yang amat penting, mesti baik-baik mempelajarinya.

Bayangkan, membantu seseorang terlahir ke Alam Sukhavati berarti membantunya menjadi Buddha, betapa besarnya jasa kebajikan ini! Setelah mencapai KeBuddhaan, dia akan menyelamatkan para makhluk yang tak terhingga dan tanpa batas, maka itu sesusah dan secapek apapun juga pantas.

Mengantar orang terlahir ke Alam Sukhavati hanyalah membutuhkan waktu beberapa hari saja, paling banyak cuma beberapa puluh hari, setelah sampai di Alam Sukhavati, dia akan melatih diri mencapai KeBuddhaan, menyelamatkan semua makhluk. Jasa kebajikan ini adalah milikmu, anda telah membantunya meraih keberhasilan.

Maka itu Bodhisattva Maha Maitri berkata, dapat mengantar dua orang terlahir ke Alam Sukhavati, jasa kebajikannya melebihi tekun melatih diri sendiri; bila dapat mengantar beratus-ratus bahkan beribu-ribu orang terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah Bodhisattva; jika dapat mengantar puluhan ribu orang terlahir ke Alam Sukhavati, maka orang ini merupakan jelmaan Buddha Amitabha yang datang ke dunia ini.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-171
Tanggal : 2 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




助念是非常重要的一桩事情,要认真来学习。你想,帮助一个人往生西方,就是帮助一个人作佛,那个功德多大!成佛度多少众生?无量无边,所以再苦再累都值得。送往生就送那么几天,最多是几十天,把他送上西方,他成佛去了,广度一切众生,这个功德都是你的,你成就他的。所以大慈菩萨就说过,能送两个人往生,比自己修行更精进,真的;如果能送百千人往生,这就是菩萨;如果能送上万人往生,这个人就是阿弥陀佛再来。像我们净空老和尚,何止度一万人往生!现世往生的都不计其数,还没有人去统计。写一个现代《净土圣贤录》,专门来搜集现代往生案例,没有人做这个事,至少我还没看到这个成果。如果有,把它上网,鼓励大家相信净土,这是一桩很大功德事。现代版的《净土圣贤录》,最好还有相片,甚至还有视频,更殊胜。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七一集)  2012/7/2  香港佛陀教育协会