Jumat, 21 Oktober 2016

Apakah Zhunian perlu beramai-ramai?


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apakah peserta Zhunian makin banyak makin bagus?

Peserta Zhunian tidak perlu terlampau banyak jumlahnya, tidak perlu kuantitasnya banyak, yang penting kualitas orangnya. Apakah pesertanya adalah praktisi yang benar-benar melafal Amituofo, si peserta sendiri juga harus memiliki keyakinan mendalam dan tekad yang bulat untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, jadi peserta sendiri juga harus memiliki niat hati sedemikian rupa, barulah ada kekuatan inspirasi, barulah dapat menciptakan semangat dan suasana terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu mengundang peserta Zhunian sebaiknya praktisi yang biasa melafal Amituofo, paling bagus kalau memiliki ketrampilan melafal Amituofo.

Kalau kegiatan Zhunian berlangsung 24 jam, maka mesti membuat jadwal giliran, paling sedikit harus dibagi tiga grup, grup A, grup B dan grup C, setiap grup melafal satu hingga dua jam lamnya, setelah grup A selesai melafal, segera diganti grup B, grup A segera memanfaatkan waktu untuk beristirahat atau makan, untuk memulihkan kekuatan fisik dan semangat sejenak, mempersiapkan diri untuk giliran berikutnya.

Zhunian merupakan hal yang tidak mudah, peserta harus merupakan orang yang benar-benar punya niat, demi menyelamatkan semua makhluk, membantu Buddha Amitabha mengantar para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-171
Tanggal : 2 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
              



不需要很多人,在精不在多,人数要贵精不贵多。来的人真正是念佛人,他自己也是要有深信切愿求生净土,他有这分心,才能够有感染力,才能够营造出往生的磁场和氛围。所以请的人助念的,最好是平常就念佛,有一定功夫最好。如果是二十四小时来助念,需要轮班,最好至少分三班,甲、乙、丙三班,每个班可以念一小时到两小时,然后轮换。轮换下来的赶紧抓紧时间休息,或者用餐,把自己体力、精神恢复一下,准备下一轮再继续上。助念是很辛苦的事情,那要真正发大心的人,为救度这个临终的人,帮助阿弥陀佛送他往生。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七一集)  2012/7/2  香港佛陀教育协会