Minggu, 16 Oktober 2016

Tubuh Antarabhava sulit terlahir ke Alam Sukhavati


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :

Mengapa tubuh Antarabhava dapat melafal Amituofo, tetapi sulit terlahir ke Alam Sukhavati?

Ini dikarenakan saat berada di periode Antarabhava (periode peralihan antara selesainya satu masa kehidupan ke masa kelahiran mendatang atau umumnya dikenal sebagai periode 49 hari), diri sendiri sulit menjadi pengendali, melainkan kekuatan karma yang jadi pengendali, mencakup karma baik dan karma buruk yang dilakukan dalam keseharian, juga termasuk karma suci, karma suci tidak termasuk dalam karma baik maupun karma buruk.

Apa yang dimaksud karma suci? Melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati adalah karma suci. Jadi saat berada di periode Antarabhava, kekuatan karma mana yang lebih kuat dan menonjol, seperti apa yang disebut sebagai yang paling kuat yang menjadi penentu.

Dalam kehidupan keseharian, karma mana yang paling banyak diperbuat, itulah yang paling kuat, karma itulah yang paling pertama bereaksi, anda sendiri tidak bisa jadi pengendali, hanya bisa pasrah mengikuti kekuatan karma tersebut yang menentukan anda akan terlahir di mana.

Kalau karma baik yang paling kuat dan menonjol, anda akan lahir di tiga alam bajik (Alam Dewa, Alam Manusia, Alam Asura), sebaliknya apabila karma buruk yang paling kuat, maka jatuh ke tiga alam rendah (Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, Alam Neraka); apabila dalam keseharian menyempurnakan keyakinan dan tekad, melafal Amituofo, maka pada saat begini Buddha Amitabha akan muncul menjemputmu terlahir ke Alam Sukhavati.

Ketika berada di dalam periode Antarabhava, kekuatan karma yang menjadi pengendali, maka itu mengapa tubuh Antarabhava begitu sulit terlahir ke Alam Sukhavati, kesulitannya terletak pada waktu keseharian tidak menimbun bekal terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga ketika jatuh ke tubuh Antarabhava, jadi sulit terlahir ke Alam Sukhavati.

Praktisi yang jatuh ke periode Antarabhava yang kemudian berhasil terlahir ke Alam Sukhavati adalah mereka yang pada masa kehidupan lampau memiliki akar kebajikan yang mendalam dan tebal, ditambah lagi bertemu dengan jalinan jodoh yang unggul, yakni ada Bodhisattva yang membantunya.

Ini adalah jodoh yang dijalinnya pada masa kelahiran lampau, barulah bisa bertemu dengan jodoh baik yakni Buddha Amitabha dan para Bodhisattva muncul di hadapan dan menuntunnya, dalam waktu keseharian dia juga memiliki keyakinan dan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, hanya saja saat menjelang ajal dia kelupaan, setelah jatuh ke periode Antarabhava, oleh karena kekuatan keyakinannya yang begitu besar, sehingga membangkitkan kembali tekad bulatnya, begitu keyakinan dan tekadnya bangkit, Buddha Amitabha muncul dan menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu kita harus melatih diri, sekarang juga mesti tekun melatih diri, saat masih sehat dan pikiran masih jernih, sejak dini sudah harus melafal Amituofo, lepaskan segala kemelekatan, menyadari bahwa segala sesuatu di dunia ini hanyalah khayalan semu, hendaknya dapat diikhlaskan dan dilepaskan.

Hingga saat menjelang ajal, anda akan mudah membangkitkan pikiran benar, asalkan anda membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad, maka baik satu lafalan maupun sepuluh lafalan, juga bisa bersua Buddha Amitabha terlahir ke Alam Sukhavati.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-141
Tanggal : 7 Pebruari 2012
HK Buddhist Education Foundation



这个原因是因为在中阴身的时候自己做不了主,完全是业力做主,平生所做的善业、恶业,当然还有净业,净业不属於善也不属於恶。什么是净业?念阿弥陀佛求生净土这是净业。看看你哪一种业最强,所谓是强者先牵,你生平造作的业哪个业最强,那个业就先起作用,你自己没办法做主,就跟著这个业力去投生。如果善业强,你往生人天善道;如果是恶业强,就往生三恶道;如果平常具足信愿,有念阿弥陀佛,这时候能感得阿弥陀佛现前接引往生西方。因为那个时候你第六识意识已经不能起作用了,你很难做主判断选择要去哪里,完全是随业流转。所以为什么中阴身往生净土很难?难就难在平常他没有真正积累净土资粮,到中阴身的时候就很难。

在中阴身得救能往生净土的,都是宿世有深厚的善根,再加上现前遇到殊胜的缘分,就是有菩萨帮助他。这都是过去生中缘分,他才能够遇到善缘,就是阿弥陀佛、菩萨现前引导他;平生又有愿力,他发过愿往生净土,临终时候只是忘了,这时候他这个愿力很强,也会牵引他发起求生的愿望,一发起这个愿就能看到阿弥陀佛,就能往生。所以我们要修,现在就得好好修,健健康康的、神智清楚的时候要多念佛,世间一切都要放下,知道这世间没有一样是真的,看得破,放得下。等你到临终的时候,你自自然然就很容易提起正念,你要往生西方,临终一念十念,就能够见佛往生西方。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四一集)  2012/2/7  香港佛陀教育协会