Kamis, 15 Desember 2016

Menangani kertas bertulisan


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Sekarang banyak kantong plastik atau paper bag yang ada tulisannya, apakah ini juga termasuk kertas bertulisan?

Masa kini perkembangan tehnologi percetakan maju pesat, dimana-mana kita dapat menemukan produk yang ada tulisannya, kantong plastik atau kantong kertas, dan sebagainya.

Jaman dulu, kertas amatlah bernilai, percetakan juga masih langka, sehingga buku amat sulit dicari, apalagi buku tempo dulu sebagian besar merupakan buku ajaran insan suci dan bijak, budaya warisan leluhur.

Oleh karena lembaran kertas dan percetakan begitu bernilainya, sehingga buku-buku yang tidak bermanfaat takkan dicetak orang, oleh karena tidak ada yang sudi mendistribusikannya.

Jadi tempo dulu, kertas bertulisan fungsinya mengantarkan ajaran insan suci dan bijak kepada orang banyak, sehingga mesti dihargai. Sedangkan masa kini, kertas bertulisan bukan lagi berisi ajaran insan suci dan bijak, namun kita tetap menghargai kertas tersebut, memelihara hati hormat diri sendiri.

Maka itu kita boleh mengantar kertas bertulisan tersebut ke posko daur ulang, tidak menyia-nyiakan sumber daya alam, beginilah cara menanganinya.      

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-183
Tanggal : 29 Agustus 2012

  

现在印刷术很发达,确实到哪里都免不了印上文字的这些印刷品、塑料纸袋等等。在过去,纸是比较珍贵的,印刷也非常的稀有,所以一本书不容易得到,尤其过去的书多半是圣贤书,传统文化。因为纸张、印刷都这么珍贵,那些无聊的书籍、文字没人去印,没人去流通。所以过去的字纸真的是文以载道,它上面记录的是道德仁义,是圣贤学问,这个一定要爱惜。现在大部分的字纸都不是写圣贤学问,那我们对这些当然也要珍惜爱护,养自己的恭敬心。但是这是出於对物品的珍惜,所以我们可以把它们回收,放到回收纸张的桶里头,不浪费纸张资源,这样也就可以了。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一八三集)  2012/8/29