Selasa, 25 Oktober 2016

Menyelaraskan hobi dan melafal Amituofo


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara menyalurkan hobi senam pagi sekaligus tidak bertentangan dengan melafal Amituofo?

Kedua hal ini tidak saling bertentangan. Anda boleh sambil senam sambil melafal Amituofo, menyelaraskan gerakan dengan lafalan Amituofo, lafalan Amituofo adalah senantiasa mengikutimu, jadi takkan saling bertentangan.

Kalau anda melakukan lari pagi, maka satu langkah satu lafalan Amituofo, atau juga boleh satu langkah satu kata, empat langkah satu patah Amituofo. Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, praktis dan mudah, takkan mengganggu aktivitas harianmu.

Anda tidak perlu memisahkan pelafalan Amituofo dengan kegiatan harianmu, anda juga tidak perlu memisahkan diri dari duniawi, apa yang harus dilakukan, kerjakan saja, bagaimana cara hidup dan cara kerja anda, maka ikuti saja seperti biasanya, namun lafalan Amituofo tetap dapat melebur ke dalamnya, sehingga pikiran dapat terfokus, lafalan Amituofo tetap berkesinambungan tak terputus.       

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian   
       Serial ke-154
       Tanggal : 31 Maret 2012
       Bertempat di :  HK Buddhist Education Foundation 



这个并不矛盾。你晨练你可以边晨练边念阿弥陀佛,打著拳,打一拳念一句阿弥陀佛,这佛号是跟著你一起的,根本不会有矛盾。你跑步你就跑,一步一句阿弥陀佛,或者一步一个字、四步一句阿弥陀佛也行。阿弥陀佛这个法门是极其方便,它绝不妨碍你的生活、你的日常工作。所以这个法门是叫世间自在王,你不用离开世间,该做什么你就继续做,该怎么生活、怎么工作,就怎么生活、怎么工作,佛号可以不间断。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一五四集)  2012/3/31  香港佛陀教育协会