Sabtu, 15 Oktober 2016

Bagaimana menangani harta tidak halal?


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana menangani harta tidak halal?

Sebaiknya kembalikan pada pemiliknya, andaikata hal ini tidak terwujud, anda tidak sanggup melakukannya, maka paling baik uang tersebut didanakan saja seluruhnya. Oleh karena harta tersebut adalah uang yang tidak halal, harta yang tidak halal ini merupakan uang petaka, membawa musibah pada dirimu, jadi bukan pahala, secepatnya didanakan saja seluruhnya; mendanakan uang tersebut adalah serupa membuang petaka.

Uang tersebut dapat didanakan untuk mendukung dan membantu menyebarluaskan Saddharma (Ajaran Sejati) atau kegiatan amal juga boleh, tetapi perlu diketahui bahwa mendanakan harta tidak halal takkan ada jasa kebajikannya, oleh karena uang ini tidak bersih. Mendanakan uang halal barulah ada jasa kebajikannya.

Namun dalam kondisi serupa anda ini, juga jangan mengharapkan jasa kebajikan apa-apa, tidak menyisakan karma buruk pada diri sendiri, sudah harus tahu bersyukur. Dengan berpikir sedemikian rupa, maka hati pun jadi tenang, tidak perlu mempersoalkan jasa kebajikan.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-138
Tanggal : 28 Januari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




那您说呢,这是不是属於偷盗?最好是先还给他。你还给他要是不现实、做不到,那你最好拿这笔钱布施掉。这种叫做不义之财,不义之财是凶财,带给你的是凶灾,不是福报,赶紧布施掉;布施了财,你就把凶灾也布施掉了。布施财你可以做功德,做护持正法的事业,或者是做慈善的事业,都可以。但是你要知道,做没有功德,因为这属於不净财,净财布施才有功德。但你这种情况你也别妄想什么功德,不要给自己留下罪业就行。你就这么想,心就安了,功德也不谈。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三八集)  2012/1/28  香港佛陀教育协会