Senin, 14 November 2016

Memasak buat keluarga


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Ibu rumah tangga memasak hidangan daging buat anggota keluarganya, apakah harus menanggung beban karma?

Apabila keluarga anda yang menghendakinya, asalkan mereka bersukacita, anda melakukannya untuk mereka, maka mereka yang menanggung beban karma. Ketika anda sedang memasak hidangan daging, anda boleh melafal Amituofo buat hewan potong tersebut, melafalnya di dalam hati, melimpahkan jasa kebajikan kepada makhluk hidup itu, mereka juga dapat memperoleh manfaat.

Oleh karena bukan keinginan anda untuk mengkonsumsi mereka, tapi sungguh tak berdaya. Serupa dengan kisah guru sesepuh Aliran Zen yang ke-6, Master Hui Neng, tempo dulu ketika bersembunyi di dalam kelompok pemburu selama 15 tahun, para pemburu harus makan daging, bahkan yang masih mentah, waktu itu Master Hui Neng harus memasak buat kelompok pemburu, menu apa yang diinginkan pemburu maka harus dimasaknya, sungguh tidak mudah.

Justru dalam situasi begini melatih maha maitri maha karuna, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, tidak timbul niat pikiran. Beliau segera menyelamatkan nyawa makhluk hidup yang masih bisa ditolong, secara diam-diam melepaskannya ke alam bebas; sebaliknya bila melihat hewan tersebut sudah tidak sanggup bertahan hidup, segera membantunya menerima Visudhi Trisarana, melafal Amituofo atau melafal mantra lalu melimpahkan jasa kebajikan kepadanya, barulah kemudian membuat hidangan buat para pemburu, sedangkan beliau sendiri hanya makan sayuran di piring hidangan.              

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-139
Tanggal : 31 Januari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




如果是家人让你去做的,他们喜欢,你为他做,他们背因果。你在做这些肉菜的时候,你可以给它们念佛,心里默念,回向给这些众生,它们也得利益。因为你自己不是想吃它们,实在是没有法子。像过去六祖惠能大师在猎人队里待了十五年,猎人都得吃肉,而且都是活生生的,六祖惠能大师就是当时在猎人队里面做饭,猎人想吃什么就得做,那很不容易。就在这个境界里头练大慈大悲,不分别不执著、不起心不动念,所以他见到能够救活的动物就把它救活过来,偷偷的放;看到已经不行的,然后给它超度、给它皈依,给它念佛念咒回向给它,然后再给猎人做,他自己吃肉边菜。这都是菩萨学处。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三九集)  2012/1/31  香港佛陀教育协会