Sabtu, 12 November 2016

Bolehkah kita memohon?


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Dalam kehidupan sulit untuk tidak memiliki permohonan, apakah melafal Amituofo boleh memohon doa dikabulkan?

Boleh memohon, asalkan hal yang baik, takkan membawa kerugian bagi makhluk lainnya, setiap orang juga boleh memohon, bahkan mesti memohon, memohon adalah membangun jalinan hubungan dengan Buddha, bahkan hal besar maupun kecil juga boleh memanjatkan doa.

Buddha amat ber-Maitri Karuna, segala permohonan pasti dikabulkan, asalkan permohonan anda sesuai dengan Dharma. Bagaimana permohonan yang sesuai dengan Dharma?

Yang pertama, permohonan anda adalah bajik dan bukan jahat. Bagaimana yang dimaksud dengan permohonan yang jahat? Yakni yang mengutamakan kepentingan diri sendiri, merugikan orang lain, inilah yang disebut sebagai jahat. Permohonan yang jahat pasti takkan dikabulkan, Buddha dan Bodhisattva merestui kebajikan orang lain dan takkan merestui kejahatan orang lain.

Yang kedua, anda harus menggunakan hati yang suci untuk memohon, ini baru sesuai dengan Dharma. Andaikata anda berharap bisa berhasil lulus ujian, maka harus menenangkan hati, perbanyak melafal Amituofo, dengan sendirinya pikiran pun jadi jernih, efisiensi belajar jadi tinggi, hati pun jadi terfokus.

Di dalam sutra Buddha disebutkan bahwa “Bila pikiran dapat terfokus, tidak ada hal yang tidak bisa ditangani”, segala hal bisa berhasil, asalkan hatimu dapat terfokus.

Terutama permohonan yang demi kepentingan para makhluk, contohnya anda memohon supaya dapat memberi ceramah dengan bagus, sehingga para makhluk yang mendengarkannya dapat tercerahkan, permohonan begini tentu memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha.

Memanjatkan permohonan hingga akhirnya seluruh permohonan individual dapat dilepaskan, takkan lagi memohon untuk diri sendiri, namun seluruh permohonan adalah ditujukan demi semua makhluk, mukjizat anda akan kian jelas, anda akan merasakan betapa Maitri Karuna-Nya Buddha Amitabha, takkan terpisahkan dari diri anda walaupun hanya sejenak, baik hal besar maupun kecil juga mendukung dan membantu dirimu.   

Contohnya saya berkunjung ke Vihara “Yuan Ming Shi”, setiap Hari Sabtu saya akan memberi ceramah di sini, kadang kala tidak menemukan orang yang dapat mengantarku ke sana, juga tidak ada rute angkutan umum yang bisa langsung ke sana, akhirnya saya terpaksa menyetir sendiri.   

Lantas bagaimana kalau tersesat di jalanan? Memohon pada Buddha Amitabha, tidak kenal jalannya juga bukan masalah, asalkan jangan salah jalan, melafal Amituofo memohon pada Buddha Amitabha, berjalan terus dan akhirnya lancar, barulah menyadari ternyata memohon pada Buddha Amitabha lebih efektif daripada melihat peta. 

Dalam keseharian membiasakan diri memanjatkan permohonan, membangun jalinan hubungan dengan Buddha Amitabha, ini juga melafal Amituofo, di dalam hati senantiasa ada Buddha Amitabha, senantiasa mengingat Buddha Amitabha, bukankah ini juga melafal Amituofo?

Ini merupakan Upaya Kausalya dari Buddha Amitabha kepada semua makhluk, anda memanjatkan permohonan padaKu, di dalam hatimu ada diriKu, ini adalah Upaya Kausalya dari Sang Buddha.

Buddha Amitabha bukan saja mengabulkan permohonan kita, bahkan juga membantu kita melafal Amituofo, jasa kebajikan dari melafal Amituofo sungguh besar!

Ini merupakan Upaya Kausalya dari Buddha dan Bodhisattva, dengan tujuan akhir adalah menuntun para makhluk memasuki Kebijaksanaan Buddha.

 Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-203
Tanggal : 13 Desember 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




可以求,只要它是善的,不会对众生造成伤害或不良影响,个人的愿望都可以求,而且应该求,求就是建立跟佛的联系,甚至大事小事你都可以求。佛很慈悲,无微不至,有求必应,只要你求得如理如法。什么叫如理如法?第一个,你这个求是善的不是恶的。什么是恶?自私自利、损人利己这叫恶的。恶的绝对不会满你愿,佛菩萨成人之美,不成人之恶。第二个,你要用清净心来求,这就如法。你譬如高考想要考中,要把心静下来,多念佛,多念佛自然你头脑也清楚,学习效率就高,心就专。佛经里面讲,「制心一处,无事不办」,什么都能成就,只要你心能够专。尤其是为众生来求,譬如说我要求把经讲好,能够让众生听了觉悟,这个好的要求那当然佛力加持,全力加持。求到最后把自己所有的私求都放下,不再为自己求,全是为众生求,你的感应就很明显,你会感觉到阿弥陀佛非常的慈悲,不离你的左右,大事小事他都帮你的忙。譬如说我上圆明寺,每个礼拜六讲经,有时候找不到人来送我,因为没有直通的车,我得自己开车去,那万一找不到路怎么办?求阿弥陀佛就行,路不熟就会容易走错,念阿弥陀佛,求阿弥陀佛,走著走著就顺了,发现求阿弥陀佛比看地图更好使。自己在日常生活当中建立求佛的习惯,这就是念佛,心里老念著佛,老有佛,这不就是念佛吗?这是佛对我们众生的一个善巧方便,你有事就求我,你心里就有我,这是佛的善巧方便。佛不是为了只帮助我们成就这桩事,他是帮助我们念佛,念佛功德大!这都是佛菩萨先以欲勾牵,后令入佛智,那我们就接受。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第二0三集)  2012/12/13