Senin, 24 Oktober 2016

Suami istri beda agama


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Diantara pasangan suami istri, apabila salah satu pihak tidak belajar Ajaran Buddha, maka harus belajar menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan oleh makhluk lainnya

Praktisi Ajaran Buddha hendaknya sanggup memandang secara hambar terhadap Lima Nafsu (kekayaan, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan Sad Visayah (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran). Walaupun tidak bisa dalam waktu singkat melepaskan kemelekatan ini, namun secara berangsur-angsur harus dapat memandangnya dengan hambar, oleh karena nafsu cinta adalah akar dari tumimbal lahir.

Bila anda bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka semua kemelekatan hendaknya dilepaskan, kalau masih mendambakan alam saha ini, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Maka itu pasangan suami istri yang dapat belajar Ajaran Buddha merupakan yang paling bagus, saling memberi motivasi, saling mengingatkan, menjadi saudara se-Dharma, ini yang paling bagus, sahabat melatih diri.

Lantas bagaimana pula kalau salah satu pihak tidak belajar Ajaran Buddha? Kalau anda tidak bisa menyesuaikan diri dengannya, maka dia akan jadi tidak senang dan rumah tangga jadi kacau, bahkan bisa saja sampai bercerai, sehingga anda malah merusak citra praktisi Ajaran Buddha, juga menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

Jadi anda harus belajar menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan oleh makhluk lainnya, diri sendiri mesti melepaskan nafsu keinginan, jadi janganlah karena diri sendiri hendak melatih diri sehingga membuat risau makhluk lainnya.

Ini sungguh tidak mudah, tetapi melalui banyak mendengar ceramah Dharma, perbanyak melafal Amituofo, maka hatimu akan kian lapang, kian jernih, banyak persoalan yang bisa anda selesaikan dengan sempurna.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-124
Tanggal : 19 November 2011
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation     




学佛弟子尽量的要把五欲六尘淡化,纵然不能一下放下,要慢慢淡化,因为爱欲是生死根本。既是你要往生极乐世界,这些都要放下,你不放下,你还留恋娑婆,你怎么可能往生?所以夫妻之间,如果大家都学佛那最好的,互相勉励、互相警策,大家做法眷属,这样最好,同修道友;如果一方不学佛,你学佛了,怎么办?你要是不能随顺他,他就生烦恼,家庭闹矛盾,到时搞到离婚那也不好,破坏学佛人的形象,也造成社会不良影响。这你就得要学著恒顺众生、随喜功德,自己要放下欲望,但是不能因为自己要修行,让众生生烦恼,这也不可以。这确实不容易,但是通过多听经、多念佛,你心量愈来愈大,心愈来愈清净,很多事情你就能处理得很圆融。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一二四集)  2011/11/19  香港佛陀教育协会