Sabtu, 22 Oktober 2016

Istri punya pria idaman lain


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana kalau menemukan istri menjalin hubungan gelap dengan atasannya?

Kalau anda adalah praktisi Ajaran Buddha, melihat istri anda adalah orang begini, cara terbaik adalah memaafkannya, ini adalah mempengaruhi dan mendidiknya, jangan membocorkan rahasianya.

Gunakan welas asih anda, gunakan hati maitri karuna untuk mempengaruhi dan mendidiknya supaya dia bisa kembali ke jalan yang benar, agar dia benar-benar salut padamu. Kalau dia bisa salut padamu maka hatinya juga akan ditujukan pada diri anda seorang.

Bila anda sengaja membocorkan rahasianya, hanya akan menjalin permusuhan dengannya, hatinya tidak mungkin lagi kembali padamu. Makanya lebih baik anggap saja kejadian ini seolah-olah tidak ada, hatimu juga jadi damai, takkan ada beban pikiran, mengubah persoalan besar jadi kecil.

Bahkan bila sempat memergokinya, juga anggap saja tidak melihatnya. Kelapangan hati anda bisa membuat orang lain jadi terharu, kalau sehari tidak bisa, maka dua hari, setahun tidak bisa maka dua tahun, lama kelamaan, dia juga tahu bahwa anda berlapang hati padanya, dia juga akan tergugah.

Diri sendiri tidak boleh memiliki keterikatan pada perasaan cinta, kalau melekat pada cinta, maka akan timbul banyak beban pikiran, memperlakukannya setara dengan makhluk lainnya, dia juga harus diselamatkan, membantunya menghapus kejahatan memupuk kebajikan.

Sekarang masih ada jalinan jodoh suami istri dengannya, kita menggunakan jalinan jodoh ini untuk menyelamatkannya, ada jodoh pasti bisa terselamatkan.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-136
Tanggal : 21 Januari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




如果你是个佛教徒,你看到妻子是这样的,最好的方法就是包容、是感化,不要去揭发她。你用你的爱心、用你的慈悲智慧把她感化过来,让她能够真正佩服你。她对你敬佩,她的心就对你专一了。你揭发她,那只会给跟她结怨,你不可能让她的心回归。所以最好是就当作没有这个事情,你心也清净,也没有烦恼,你就能够大而化之。甚至你看到了,也当看不到一样。这种包容就能感动人,一天不行两天,一年不行两年,时间久了,她知道你在包容她,她会很感动。自己不能有情执,有情执你就会生烦恼,你把她当作跟其他众生一样,我们也要度化她,帮助她断恶修善。现在跟她是夫妻的缘,我们就用这个缘来度化她,有缘就能得度。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三六集)  2012/1/21  香港佛陀教育协会