Minggu, 23 Oktober 2016

Apakah telur boleh dimakan


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Setiap hari masak telur ayam, apakah ini termasuk pembunuhan

Ayam menetas dari telur, apabila di dalam telur ayam ada kehidupan, tidak boleh dimakan. Bagaimana bisa mengetahui apakah telur ayam tersebut mengandung kehidupan atau tidak? Harus diantar ke laboratorium, sungguh merepotkan bukan? Jadi lebih baik tidak makan telur, dengan demikian terhindar dari menciptakan karma pembunuhan.  

Ada orang yang bilang telur mengandung protein, sebenarnya tumbuh-tumbuhan juga mengandung protein bahkan lebih tinggi lagi daripada protein telur. Sumber protein bukan melulu diperoleh dari mengkonsumsi telur, kacang Almond dan kacang-kacangan lainnya juga mengandung protein yang tinggi. Protein tidak boleh terlampau banyak dikonsumsi, jadi harus seimbang.   

Bervegetarian membuat jasmani dan rohani menjadi sehat, saya telah menjalani pola makan vegetarian selama 17 tahun dan tidak pernah cari dokter. Lihatlah Master Chin Kung yang telah bervegetarian selama 60 tahun, usia beliau juga sudah lanjut, 86 tahun, tidak tua juga tidak sakit-sakitan, kelak juga takkan mati.   

Terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah setelah mati barulah dijemput Buddha Amitabha, namun sebelum menghembuskan nafas terakhir, Buddha Amitabha akan hadir terlebih dulu menjemput praktisi terlahir ke Alam Sukhavati, usai itu barulah nafas terputus. Jadi perginya adalah dalam kondisi sadar dan masih hidup.
  
Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-147
Tanggal : 28 Pebruari  2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation     



如果鸡蛋里面有生命,鸡是卵生,里头有生命,就是这鸡蛋已经受精了,它正在成长,那吃这种鸡蛋属於造杀业。如果那鸡蛋里面没有生命,就是没有受精的鸡蛋,这个没有问题,不算造杀业。你说这样的话,我怎么知道那蛋里面有没有生命?你要去化验才知道,多麻烦。那最好就别吃,你不吃就把这个杀的缘给断绝掉了。有的人说那鸡蛋里头很多营养,特别是蛋白质很丰富。其实植物里头的蛋白质也很丰富,不亚於鸡蛋,很多坚果果仁,像花生,这些蛋白质特别高。而且蛋白质也不能太多吃,都要适量。素食身体健康,我吃素已经吃了十七年,身体非常好,没什么病,没有看过医生。我们师父上人吃素吃了六十年,身体多健康,晚年,你看八十六岁,不老也不病,将来还不死。往生净土就是不死,活著去的,不是死了去的。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四七集)  2012/2/28  香港佛陀教育协会