Sabtu, 14 Januari 2017

Melafal Amituofo menyelamatkan ibunda


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara membantu sanak saudara yang menderita sakit?

Anda harus membangkitkan Bodhicitta, melafal Amituofo, begini pula cara Puteri Brahmana (masa kehidupan lampau dari Bodhisattva Ksitigarbha) membantu ibundanya, sungguh efektif. Apabila anda tidak membangkitkan Bodhicitta,  cuma melafal Amituofo saja, maka hasilnya tidak terlalu efektif, mengapa demikian?

Oleh karena hati anda yang melafal Amituofo itu tidak terjalin dengan Hati Buddha Amitabha, hatimu merupakan kemelekatan pada ayahbundamu, mengharapkan kesembuhan ayahbunda sendiri, anda melafal Amituofo demi tujuan ini.

Memang betul, anda begitu berbakti, tetapi anda tidak membangkitkan Bodhicitta, hanya memikirkan bagaimana cara memberi manfaat bagi sanak keluarga sendiri, hati yang sempit, jasa kebajikannya juga kecil, kekuatan pemberkatan juga lemah.

Apabila anda membangkitkan Bodhicitta, serupa dengan Puteri Brahmana, demi ibundanya membangkitkan Tekad Bodhicitta, setelah berhasil menyelamatkan semua makhluk, barulah bersedia mencapai KeBuddhaan. Dengan demikian ibundanya bukan hanya terlahir di Surga bahkan juga bisa terlahir di Alam Sukhavati di penjuru barat.

Ibunda dari Putri Jyotinetra (masa kehidupan lampau dari Bodhisattva Ksitigarbha) juga dengan cara sedemikian rupa sehingga berhasil terlahir di Alam Sukhavati, ibunda Putri Jyotinetra jatuh ke Neraka, Putri Jyotinetra juga mengandalkan metode pelafalan nama Buddha, memberi persembahan kepada Triratna, melimpahkan jasa kebajikan kepada ibundanya sehingga ibundanya berhasil terselamatkan.   

Kemudian Putri Jyotinetra membangkitkan Bodhicitta, setelah berhasil menyelamatkan semua makhluk barulah bersedia mencapai KeBuddhaan, lihatlah akhirnya ibundanya berhasil terlahir di Negeri Buddha Amitabha, yakni Alam Sukhavati di penjuru barat, bahkan mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati.

Ibunda Putri Jyotinetra juga hadir dalam Persamuan Ksitigarbha Sutra, yakni Bodhisattva Vimuktika, yang merupakan Bodhisattva Calon Buddha. Siapakah Bodhisattva Vimuktika? Di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” Bab ke-2, disebutkan tentang 16 Bodhisattva yang menghadiri pesamuan, diantaranya ada Bodhisattva Vimuktika.   

Bodhisattva Vimuktika pada masa kehidupan lampauNya merupakan ibunda dari Putri Jyotinetra, Putri Jyotinetra merupakan masa kehidupan lampau dari Bodhisattva Ksitigarbha. Oleh karena tekad yang diikrarkan oleh Putri Jyotinetra, akhirnya ibundanya berhasil terlahir di Negeri Buddha Amitabha.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-171
Tanggal : 2 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
   


这是刚刚讲的,你要发大心,另外就是念阿弥陀佛,这就是婆罗门女帮助她母亲的方法,非常有效。如果你不发心,只念佛,效果不大,会有效果,不算很大。为什么?因为你念佛的那个心跟佛心不相应,你完全是一种对父母的情执,希望父母早点好,为这个念佛。不错,很孝顺,但是没有发广大心,只想著为利益自己家亲眷属,心量小,那功德就小,加持也小。如果你发大心,像婆罗门女,为她的母亲发起广大的菩提愿,度尽一切众生,自己才成佛道,她母亲就不得了,不仅能够生天,还能够往生西方极乐世界。光目女的母亲就是这样往生西方极乐世界,光目女是地藏菩萨前生其中一世,她母亲也是堕了地狱,光目女也是靠念佛,靠供养三宝、念佛,把她母亲超度出来。结果发了广大心,度尽一切众生方成佛道,你看她母亲最后往生佛国,什么佛国?安乐国,无忧国土,就是西方极乐世界,而且在极乐世界能成佛。她母亲当时也在地藏法会上,是解脱菩萨,等觉菩萨。解脱菩萨是谁?《无量寿经》里面我们看到他,第二品十六上首菩萨里面,他是最后一位等觉菩萨,他前世是地藏菩萨前世的一个母亲。因为光目女的发愿,这个愿是真的,因为发了愿之后得修行,这是真愿,结果她母亲真的往生佛国。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七一集)  2012/7/2  香港佛陀教育协会