Selasa, 25 Oktober 2016

Menyukai yang baru melupakan yang lama


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Orang yang telah bercerai memiliki persoalan babak baru kisah percintaan

Jaman sekarang manusia memiliki pahala yang agak besar sedikit, sehingga barang yang agak usang sedikit, padahal belum rusak, bisa dibuang dengan sesuka hati, prilaku begini tidak bermoral, tidak punya pahala.

Andaikata kita juga memperlakukan ayahbunda, sanak keluarga dan sahabat dengan sedemikian rupa, maka ini bertentangan dengan hati nurani. Maka itu guru kita Master Chin Kung selalu menegaskan bahwa suami istri yang bercerai akan jatuh ke Neraka.

Tetapi perkataan ini akan melukai perasaan orang banyak, mengundang amarah khalayak ramai. Tapi kenyataannya bagaimana?  Yakni “menyukai yang baru melupakan yang lama”, inilah letak persoalannya, bertentangan dengan hati nurani.    

Orang jaman dulu berkata : “Sahabat kala susah tidak boleh dilupakan, istri berbagi suka dan duka tidak boleh diceraikan”, sanak keluarga yang saling berbagi suka dan duka, manalah boleh diabaikan begitu saja? Sungguh tidak bermoral, tidak punya perasaan.

Terhadap guru juga sedemikian rupa, “Sehari sebagai guru, seumur hidup menjadi ayah”, artinya sehari mengangkatnya sebagai guru maka sepanjang hidup berguru padanya, menjadikannya sebagai ayah kandung sendiri. Terhadap guru jangan ada sikap “bertemu dengan yang baru melupakan yang lama”.

Maka itu Master Chin Kung selalu berkata, kalau ingin berhasil maka ikuti satu guru saja, kalau suka gonta-ganti guru, akhirnya pasti takkan berhasil dalam belajar. Mungkin saja kalyanamitra yang anda ikuti adalah kalyanamitra sejati, tetapi oleh karena anda suka yang baru dan melupakan yang lama, sehingga pikiran anda tidak bisa terfokus, hati yang memaksakan kehendak, sehingga anda harus menemui kegagalan.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong 6 Desember 2012





  而我们现在福报稍微大一点,对用旧的东西,还没有穿破,还没有用烂,都随意的抛弃,这种心就不够厚道,就是没有福报。倘若我们对於父母、对於至亲眷属也是这个心,那就是伤天害理了。所以离婚,师父老人家说得很不客气,离婚的人得堕地狱。但是这个话说出来现在可能刺激的人太多了,不要去传,传了之后,说是定弘法师说的,我将来就犯众怒了。但事实上是什么?都有『得新忘故』的问题,这就是伤天害理。古人讲,「贫贱之交不可忘,糟糠之妻不下堂」,一起共患难的眷属岂能够抛弃?太没有道义了,太没有情义了。如果我们对老师,「一日为师,终身为父」,对老师更不能「得新忘故」。所以师父老人家常讲,学佛有成就,要跟一个老师学,如果你常常换善知识,最后肯定学不成。可能你跟那善知识都是真的善知识,但是你得新忘故,你那个杂乱、攀缘的心,就注定你的道业一无所成。

选自  太上感应篇节要  定弘法师主讲  (第三集) 2012/12/6  香港大棠度假村