Rabu, 19 Oktober 2016

Saat frustasi melupakan Buddha Dharma


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Saat tubuh lagi tidak sehat, atau mengalami tekanan hidup, melupakan Buddha Dharma, bagaimana sebaiknya?

Ini merupakan persoalan umum terutama saat sekarang ini, banyak orang muda yang tidak punya ketetapan hati, tidak sanggup menfokuskan diri, sehingga tidak bisa memperoleh kemajuan batin.

Kemajuan batin diperoleh dari menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, jadi tidak bisa belajar dua pintu Dharma sekaligus. Apalagi anda sendiri tidak percaya pada diri sendiri, mesti menfokuskan diri belajar satu Pintu Dharma saja.   

Belajar satu Pintu Dharma, meskipun tampaknya lamban namun sesungguhnya batin terus mengalami kemajuan, jadi meskipun anda belajarnya santai juga bukan masalah, anda tetap mengalami kemajuan batin, asalkan anda cuma terfokus pada satu metode saja.    

Maka itu menfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya untuk jangka panjang, ini adalah cara terbaik, untuk menyembuhkan penyakit malasmu.

Anda harus teguh pada pendirian yakni belajar satu metode saja dan mendalaminya, lama kelamaan anda semakin berminat pada Pintu Dharma tersebut, makin belajar makin bersukacita, kemajuan batin kian hari kian meningkat.

Demikian pula dalam mendengar VCD ceramah Dharma, kalau judulnya “Sutra Usia Tanpa Batas”, maka anda cuma menfokuskan diri mendengar satu judul itu saja, setelah selesai ulang lagi mendengar dari awal.

Mungkin sesekali anda akan bosan dan penyakit malas kambuh, tapi ini bukan masalah, habis gelap terbitlah terang, habis malas bangkit lagi, mulai lagi dan tetap belajar satu metode saja.

Contohnya ceramah Master Chin Kung yang berjudul “Sutra Usia Tanpa Batas”, ambil yang serialnya agak pendek, edisi yang tahun 1989, ada 107 keping VCD, satu keping VCD boleh diulang hingga sepuluh kali, saat permulaan mungkin sehari cuma bisa mengulang tiga kali, hari kedua mungkin penyakit malas anda sedang kambuh, anda boleh ambil cuti sehari, hari ketiga melanjutkan mendengar ceramah lagi.

Meskipun tampaknya anda suka menunda-nunda, dan bersantai ria, tetapi yang penting anda teguh menggenggam satu Pintu Dharma saja, takkan berubah topik, jangan hari ini mendengar “Sutra Usia Tanpa Batas” besok ganti judul, maka anda takkan berhasil.   

Maka itu mungkin penyakit malas anda begitu parah sehingga pertama kali anda mendengar ceramah, satu keping VCD harus didengar sampai dua atau tiga tahun lamanya.

Pada pengulangan kedua, sudah agak lumayan, mendengar sejenak lalu berhenti, besoknya lanjut lagi lalu berhenti, dan seterusnya, akhirnya memakan waktu cuma setahun.

Sampai pada pengulangan ketiga, mungkin hanya membutuhkan waktu tiga bulan anda sudah bisa selesai mendengar satu keping VCD tersebut.

Semakin mendengar semakin cepat, hati kian bersukacita dan batin kian maju, cara ini cukup bagus.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-148
Tanggal : 3 Maret 2012
  


这个现在确实很多人,尤其是年轻人有这种问题,心浮气躁,不能深入,这个修学就没办法精进。精进,我们知道第一个是精,精就是专精,要一门深入,不能搞夹杂。尤其是你自己对自己没有信心,那更不能搞多,一定要搞一门。搞一门即使进步得慢,它也在进步,这都叫精进,即使是你两天打鱼、三天晒网,没关系,那也在进步,你就搞一样。你要搞两样,完了,那肯定就一事无成。所以一门深入,长时薰修,这是一个好方法,对治你自己懒散懈怠的毛病。一门搞进去,你就坚持搞这一门,咬著牙不能开多门,时间久了,你对这一门愈来愈有兴趣,你就愈来愈会精进,搞得愈熟你就愈能精进。所以你学习最好是什么?听经就听《无量寿经》,只读《无量寿经》,就念阿弥陀佛,不再搞其他花样,坚持下去。可能有时候会懒散,这是难免的,凡夫嘛!懒散完了再精进,还是搞那一门。

  譬如说师父老人家讲的《无量寿经》,早年的比较短一些,你从那个开始听,先找短的听,就听《无量寿经》,譬如说一九八九年第二次宣讲,总共一百零七片光盘,你就从第一片开始听,一片听十遍,或者不要听十遍,可能一开始做不来,一片听三遍也行,一天我就规定自己听三遍,然后第二天再换,第二天你就懒散了,你就休息一天,行,休息一天第三天再听,你把时间拉长没关系,这是你习气。但是你就抓紧这一门,就是不改变,不能说我听了两片之后我再听听别的,别的也挺好,完了,你就不精了,那就彻底失败。所以可能听第一遍,要听个两年、三年,这样停顿一下又听,停顿一下又听,听个两年、三年听完一遍也好;第二次听你就不会了,可能一年就听完了;第三次听可能三月就听完了,愈听愈快,这就是精进,这个方法很好。
  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四八集)  2012/3/3