Jumat, 14 Oktober 2016

Suami berjudi, bagaimana menasehatinya?


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Suami berjudi, bagaimana cara menasehatinya?

Dengan cara yang lembut dan tidak boleh terlampau memaksa. Memberi penjelasan secara benar, dengan kasih sayang menggugahnya, supaya dia tahu bahwa berjudi itu tidak betul, bersalah pada diri sendiri dan keluarga, bersalah pada ayahbunda dan anak-anak, diri sendiri juga menciptakan karma, perlahan-lahan mendidiknya.

Selain itu anda sendiri juga mesti memenuhi kewajiban sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga yang baik, bahkan lebih baik lagi daripada sebelumnya, memberi perhatian dan kasih sayang, agar dia dapat merasakan kehangatan keluarga, berada dalam kebersamaan, menariknya pulang ke rumah, ini adalah welas asihmu.

Anda juga boleh memohon pemberkatan dari Triratna, memohon pada Buddha Amitabha, memohon pada Bodhisattva Avalokitesvara, agar suami anda kembali ke jalan yang benar, bangkitkan ketulusan dari dalam hati, berharap agar dia dapat mengikuti anda belajar Ajaran Buddha.

Hapuslah segala pemikiran negatif, jangan pesimis, dengan sikap positif menghadapi kenyataan. Karir tidak berhasil bukanlah masalah, baik-baiklah belajar Ajaran Buddha dan pasti bisa berhasil; sebaliknya apabila karir terlalu sukses, tidak punya waktu belajar Buddha Dharma, ini malah tidak bagus.

Maka itu anda harus memotivasinya supaya ikut denganmu belajar Ajaran Buddha bersama-sama, yakinlah bahwa dengan menggunakan ketulusan pasti bisa menggugah orang lain. Apabila masih belum berhasil menggugahnya, ini pasti ketulusan sendiri yang belum mencukupi, mungkin saja diri sendiri masih menyalahkannya, merendahkannya, atau bahkan masih ada perasaan emosional, sehingga mempengaruhi ketulusan hati anda.

Maka itu terlebih dulu melepaskan perasaan negatif yang ada pada diri sendiri, barulah dengan hati yang tulus memanjatkan doa memohon mukjizat, anda pasti bisa berhasil melakukannya.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-178
Tanggal : 9 Agustus 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation



定弘法师:丈夫赌博,该怎么劝?
  还是要继续的规劝,要用柔和的方式,不能够强逼。以理晓之,以情动之,让他觉得赌博是不对的,这种做法对不起自己,也对不起家人,对不起父母、对不起孩子,自己是造业,慢慢的来感化他。你还是要尽自己妻子的义务,而且比以前更要努力、更要细心的照顾他,用爱心来关怀他。让他觉得家庭很有温暖,很有凝聚力,把他吸引回来,这是你慈悲。你也可以求三宝加持,求阿弥陀佛、求观世音菩萨,佛菩萨是有求必应,你求他能够改恶向善,你发自内心真诚的求,希望他一起来学佛。消除负面情绪,不要消极悲观,用积极的人生态度来面对现实。事业无成没有关系,好好学佛,将来学佛必定有成;事业太有成就了,没时间学佛,反而不好。所以,你要鼓励他跟你一起学佛,相信「诚之所至,金石为开」,我们用真诚,肯定可以感动人。还没有能够感动他,就是自己真诚心还不够,可能自己会对他有怨气,对他看不起,或者是有情绪,这都影响你的真诚心。自己把自己的负面情绪先放下,然后真诚来祈求,求感应,你肯定能够成功。
  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七八集)  2012/8/9  香港佛陀教育协会