Rabu, 19 Oktober 2016

Cara memperoleh kebahagiaan Dharma


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara memperoleh kebahagiaan Dharma?

Kebahagiaan Dharma diperoleh dari belajar Ajaran Buddha, makin belajar makin bahagia, kemajuan batin kian meningkat. Tanpa kebahagiaan Dharma, mudah mengalami kemerosotan batin.

Ada pula praktisi yang makin belajar makin banyak beban pikiran, ini disebabkan belajar teori tapi tidak menerapkannya dalam kehidupan keseharian, tidak mengubah tabiat jeleknya.

Setelah mengenali tabiat jelek sendiri, hendaknya segera dihapus, kalau tidak demikian, makin lama tabiat jelek itu akarnya akan tertanam kian mendalam dan kokoh, sehingga makin sulit diperbaiki. Pada akhirnya anda makin angkuh dan merasa diri sendiri yang paling benar.

Umpamanya saya mempunyai tabiat yang paling jelek yakni kesombongan, dari tabiat yang paling parah ini saya mulai memperbaiki diri dan bertekad dalam waktu sebulan memperbaikinya.

Di dunia ini tidak ada hal yang sulit, hanya saja apakah ada kemauan atau tidak, kalau anda serius ingin mengubahnya mana mungkin tidak bisa, kalau tidak bisa, ini dikarenakan anda tidak sudi menghapusnya.

Setelah tabiat diri yang paling parah berhasil diperbaiki, maka tabiat-tabiat jelek lainnya akan mudah diperbaiki, oleh karena yang paling bandel saja sudah berhasil ditaklukkan.

Setiap kali berhasil memperbaiki diri maka kebahagiaan Dharma akan bertambah, mengapa demikian? Oleh karena anda telah berhasil memenangkan perang melawan keakuan.

Berhasil menang melawan orang lain tidaklah hebat, tetapi bisa menaklukkan tabiat jelek diri sendiri, orang ini disebut sebagai pahlawan atau ksatria sejati.    

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-193
Tanggal : 13 Oktober 2012



法喜确实是我们学佛修行的动力,因为你愈学愈快乐,所以你就会不断的进步。如果没有法喜,这很容易退心。有的同学愈学愈烦恼,有的同学愈学愈法喜,为什么有这个区别?根本的原因就是你有没有真干。听了佛法的教诲,如果我们真去落实,真干,真正改自己的毛病,你就会愈学愈法喜。如果知道了自己的毛病(你通过学习你就会知道),知道了你不肯去改,不能痛下决心改过自新,时间久了,你那些烦恼习气就会变得根深蒂固,愈来愈难改。为什么?你的心最后就变成怠慢,无所谓,变成老油条,那个法喜就永远出不来了。

所以认识自己的毛病要赶紧改,尤其是对自己比较重的毛病,要集中火力把它攻下来。好比说我这个傲慢习气是最重的,那我就用这一个月时间专门对治傲慢,从难克处克将去,最难改的毛病我就下死功夫。世上无难事,只怕有心人,你要真想改,没有改不了的,改不了都是因为你没有真想改。所以要认识自己哪个毛病最严重,先改那个最严重的,然后一个一个山头攻破。傲慢改完了,改得差不多了,现在发现我的情执最严重,我的爱欲最严重,我就下死功夫,把它锁定为攻击目标,把这个毛病习气攻破。这样一个一个的来,那你就会很法喜,为什么?你能战胜自我。战胜别人没什么了不起,战胜自己的毛病习气,这个人是英雄。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一九三集)  2012/10/13