Kamis, 10 November 2016

Belajar dan melafal Amituofo


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana mengatur waktu antara belajar dan melafal Amituofo?

Ini tidak bertentangan sama sekali, melafal Amituofo bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat belajar maka tumpukan perhatian dengan baik, juga diperlukan hati yang jernih dan konsentrasi. Saat mengikuti pelajaran di sekolah juga harus konsentrasi, takkan berkhayal dan mengantuk, dengan demikian barulah belajar bisa jadi efektif.

Dalam waktu keseharian melafal Amituofo, hal ini akan sangat membantu konsentrasi. Jadi melafal Amituofo dan belajar itu takkan saling bertentangan, praktisi yang melafal Amituofo dengan baik, belajarnya juga pasti bagus.

Tempo dulu waktu saya masih menjalani perkuliahan, saya juga belajar Ajaran Buddha dan melafal Amituofo,  mendengar ceramah Dharma, melakukan kebaktian pagi dan sore dengan melafal Amituofo. Tapi sama sekali tidak mempengaruhi karir belajarku, malah makin bagus, hasil ujianku selalu berada di rangking teratas, orang lain membutuhkan waktu tujuh tahun menyelesaikan waktu perkuliahan, saya cuma butuh waktu empat tahun saja, sampai akhirnya berhasil meraih gelar Doktor, semua ini juga berkat dari belajar Ajaran Buddha. 

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-147
Tanggal : 28 Pebruari 2012




     问:学生应该怎样处理念佛与学习的关系?

       定弘法师:这个不矛盾,念佛是随时随地可以念的。学习你要学得好,也是要有清净心、有定力。定力就是学习专注,听课很认真,不开小差,不打妄想,也不昏沉,这样的学习效率就高。平时要有修念佛功夫,就能够有很大帮助。所以念佛和学习是相辅相成,绝不矛盾,念佛念得好的人肯定学习好。我以前读书的时候也学佛、也念佛,我在美国大学念硕士、念博士,每天也是听经不断,都有早晚课念佛。但是学习一点不受影响,反而更好,每次考试几乎都是班上第一名,我四年时间完成一般人七年的学业,把硕士、博士都念完了,这是得力於学佛。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四七集)  2012/2/28