Minggu, 16 Oktober 2016

Apakah kerasukan bisa terlahir di Alam Sukhavati


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Pertanyaan :
Saat menjelang ajal ada makhluk yang merasuki tubuh, apakah bisa terlahir ke Alam Sukhavati?

Venerable Ding Hong menjawab :
Ini takkan menghalangi. Berhasil tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung apakah dia memiliki keyakinan dan tekad, tidak ada kaitannya dengan apakah ada makhluk yang merasuki tubuh.

Terkecuali kalau anda tidak memiliki keyakinan dan tekad yang kuat, sehingga diganggu oleh makhluk halus, maka anda tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

Apabila anda mempunyai keyakinan dan tekad yang kuat dan kokoh, takkan ada yang bisa menggoyahkan keyakinan dan tekad anda, maka sebanyak apapun makhluk yang merasuki tubuh anda, mereka juga tidak bisa menghalangi kekuatan keyakinan dan tekad anda.

Mengapa demikian? Oleh karena makhluk halus tersebut hanya bisa menahan tubuh anda tapi tidak bisa menahan hati anda, tekad anda sudah begitu bulat untuk terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Sutra Usia Tanpa Batas menyebutkan : “Andaikata kobaran api memenuhi tiga ribu maha ribu dunia, namun berkat kekuatan tekad Buddha Amitabha, pasti mampu melampauinya dan terlahir ke Alam Sukhavati”.

Jadi jangankan ada begitu banyak makhluk halus yang merasuki tubuh, bahkan walaupun tiga ribu maha ribu dunia dipenuhi kobaran api, namun anda juga bisa “berkat kekuatan tekad Buddha Amitabha, pasti mampu melampauinya dan terlahir ke Alam Sukhavati”.  Dengan mengandalkan apa? Yakni keyakinan benar dan tekad bulat yang anda miliki.
    
Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-182
Tanggal : 25 Agustus 2012



问:临终身上有众生在的话,能往生西方吗?

答: 这个不会妨碍。往生与否,全由信愿之有无,跟你身上有没有众生没关系。除非你信愿不足,或者你的信愿本身就不太坚固,被这些众生给扰乱了,那你就不能往生。如果你真正信愿坚定,什么都动摇不了你的信愿,那你身上即使再多的众生,他也挡不住,为什么?他只能障碍你的身,障碍不了你的心,你的心是坚定不移的求生净土。经上讲,「假使大火满三千,乘佛威德悉能超」,不要说有这么些众生在身上,三千大千世界大火都在烧你的身体,你也能够「乘佛威德悉能超」,能往生极乐世界。凭什么?凭你的真信切愿。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一八二集)  2012/8/25