Senin, 29 Agustus 2016

Bukti Ilmiah 72


Bukti Ilmiah Hukum Karma dan Tumimbal Lahir
(Bagian 72)

Yang keempat adalah “merenungkan kekosongan”, ketika paras jelita muncul di hadapan, janganlah menganggapnya sebagai nyata, oleh karena sesungguhnya adalah kosong.

Tempo dulu ada yang mengemukakan perumpamaan sebagai berikut, ada seorang wanita tuna susila yang tersohor, sedang menanti kedatangan anda di hotel berbintang lima, mendengar hal ini anda segera menuju ke sana dengan perasaan yang menggebu-gebu, sampai di hotel anda segera membuka pintu kamar, di dalamnya ternyata adalah adik perempuan atau kemenakan anda, bagaimana perasaan anda saat itu?

Api nafsu yang semula begitu membara kini berubah jadi perasaan malu dan terhina, perasaan menggebu-gebu kini jadi sirna dan kosong, maka itu begitu pikiran dialihkan maka segalanya jadi kosong, nafsu itu memang tak berwujud, mana mungkin ada? Jika melekat pada pemikiran bahwa nafsu itu nyata adanya, barulah dia bisa efektif, ketika pikiran tersebut reda, maka nafsu pun lenyap.

Mengapa seseorang bisa menjadi ksatria? Oleh karena dalam kesehariannya senantiasa bermawas diri.   

Petikan Ceramah Dr. Zhong Mao-sen / Venerable Ding Hong


(七十二)

第四、「觀空」,美色當前,莫把它看得實在,它本來就是空。以前有人舉過這樣的例子,一位如花似玉的名妓,在某五星級大旅館房內等你,路上心急如焚,匆忙趕過去,門打開一看,裡面坐的原來是自己的妹妹或是女兒,請問你會有什麼感覺?原來的欲火一下子就變成羞憤,欲念也會煙消雲散,全沒了,空掉了,所以念頭一轉都是空,這個欲哪裡真實?如果執著這個欲念真有,它才會起作用,當下把欲念一停的時候,那就沒有了。更何況美色也是一個空相,前面提到宇宙人生真相是什麼?是「唯心所現,唯識所變」。宇宙萬物都是一念心所現,這一念心當體就是空,何況由一念心所產生的種種色相,當然也是空。《金剛經》說:「一切有為法,如夢幻泡影。」應時時提起這個觀照。《金剛經》也說:「凡所有相,皆是虛妄。」美麗的色相,也是虛妄。這些功夫平時要積累,不管哪種方法,用一種,用兩種,或者四種統統用,只要有效都可以使用。古人講:「冰清玉潔的操守,都是從臨淵履薄處修來。」為什麼可以修成頂天立地的好漢?就是平常謹小慎微,戰戰兢兢,如臨深淵,如履薄冰,這樣修來的。

文摘恭錄 — 因果輪迴的科學證明
鍾茂森教授主講