Kamis, 10 November 2016

Apakah jodoh sudah ditakdirkan


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apakah pernikahan sudah ditakdirkan, apakah juga merupakan Sebab Akibat yang tak terhindarkan?

Hukum Sebab Akibat merupakan kepastiannya, ayahbunda juga merupakan sebab akibat, diri sendiri bebas menjatuhkan pilihan dan menjalin hubungan cinta juga merupakan sebab akibat, kalau memang jodoh yah pasti bisa menikah, jadi menurutku tidak perlu terlalu dipusingkan.

Perjodohan jaman dulu ditentukan oleh ayahbunda, mengapa demikian? Pernikahan yang diatur oleh ayahbunda akan berlangsung langgeng, sedangkan jalinan cinta yang bebas seperti sekarang ini malah tidak bisa berlangsung langgeng. Apa sebabnya?

Ayahbunda lebih memiliki pengalaman hidup, jauh berjalan banyak yang dilihat, lagi pula mereka benar-benar menyayangi putra putrinya, sehingga begitu seksama mengamati calon menantunya, bukan hanya melihat penampilan luar semata, yang penting adalah etika moralnya, apakah leluhurnya ada menimbun kebajikan, ini merupakan landasan bagi pernikahan yang langgeng.      

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-173
Tanggal : 10 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation





因果是必然的,父母决定的也是因果,自己自由恋爱的也是因果,该结婚的自然就会结婚,所以这些我觉得也不要太多打妄想。相比之下,古人的父母媒妁之言,父母决定婚姻大事,比现在自由恋爱要好,为什么?父母决定的婚姻都很长久,古时候很少听有离婚,现在自由恋爱很难长久。原因是什么?父母有人生经验,看得多、识得广,而且他们都是真正爱儿女,肯定会细心的来观察对方,不仅看一个人的相貌,那是最其次的,最关键看这家里的德行,祖宗有没有积德,这是婚姻长久的个基础。这些问题还没回答完,今天时间到了,我们就先学习到此地。有讲得不妥之处,请大家多多批评指正。谢谢大家。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七三集)  2012/7/10  香港佛陀教育协会