Kamis, 10 November 2016

Tidak sanggup menghadapi cobaan


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Kalau tidak memiliki kesanggupan melatih diri di dalam masyarakat, maka boleh mengasingkan diri buat sementara waktu

Kehidupan bermasyarakat merupakan hal yang harus dihadapi, ini merupakan melatih diri dalam menghadapi berbagai cobaan. Tentu saja apabila anda tidak memiliki keyakinan penuh untuk menghadapinya, terutama bagi praktisi pemula, saya sendiri tempo dulu juga begini, tidak punya keyakinan hati, tidak berani menghadapi cobaan.

Terhadap daya pikat ketenaran dan keuntungan, saya masih belum sanggup melepaskannya, ketika bertemu dengan ketenaran dan keuntungan, masih saja timbul niat pikiran, masih saja mengalami kemerosotan batin, ketika orang lain merasa iri hati padaku lalu mencoba menghambat diriku, saya juga tidak sanggup menahan berbagai cobaan ini. Lantas bagaimana?

Anda boleh mengasingkan diri buat sementara waktu, carilah lingkungan yang lebih tenang buat melatih diri, menjernihkan kembali pikiran yang kalut, setelah itu barulah kembali ke lingkungan anda semula.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-125
Tanggal : 20 November 2011
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




我觉得怎么修?这是必须要面对的,就是要境界上修。当然,你要是在这个境界上修你没有信心,这初学的人都是这样,我以前都是这样,没有信心,不敢去面对考验。名闻利养我不行,我遇到名闻利养会起心动念、会堕落的,人家嫉妒障碍我也受不了。怎么办?你可以先退下来,找个清净环境先静修,找找感觉,找找那个清净心的感觉是什么样的,然后争取把这个感觉还得带回到你原来的境界上。因为你已经找到那个感觉之后,你在境界上会出现那个冲击,这个感觉没有了,看到名闻利养真的念念就生贪念、生傲慢,这感觉没有了。没有,这时候就帮助你警醒,或者是逆境上你生瞋恚心,这也是提醒你,这个时候就得忏悔。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一二五集)  2011/11/20