Minggu, 30 Oktober 2016

Meredakan bentuk-bentuk pikiran


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara membangkitkan ketulusan hati secara keseluruhan, sehingga dapat mewujudkan dengan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat?

Memang benar, sebagian orang awam sulit untuk mewujudkannya tanpa timbul niat pikiran sama sekali, lantas bagaimana? Kita melafal Amituofo untuk meredakan bentuk-bentuk pikiran.

Ketika bentuk-bentuk pikiran bermunculan, tidak perlu dihiraukan, yang penting adalah menfokuskan pikiran melafal Amituofo, oleh karena semakin anda peduli dengan bentuk-bentuk pikiran maka akan kian menjadi-jadi, juga tidak perlu memaksakan diri untuk menghentikannya, semakin anda memaksakan diri untuk mengendalikannya maka akan kian menjadi-jadi, yang penting jangan dihiraukan.

Upasaka Xia Lian-ju ketika mengasingkan diri melafal Amituofo, beliau menyadari bahwa saat melafal Amituofo, jangan menghiraukan bentuk-bentuk pikiran yang bermunculan, “Semakin anda ingin menghapus bentuk-bentuk pikiran, maka bertambah lagi satu bentuk pikiran sehingga jadi dua”.

Maksud hati ingin mengusir satu bentuk pikiran, malah bertambah jadi dua bentuk pikiran, oleh karena keinginan menghentikan bentuk pikiran itu juga merupakan sebutir bentuk pikiran, makanya bertambah lagi jadi dua.

Lebih baik tidak menghiraukannya, biarkan saja, pusatkan perhatian ke dalam lafalan Amituofo, cuma peduli pada lafalan Amituofo saja, tidak menghiraukan bentuk-bentuk pikiran, perlahan-lahan bentuk-bentuk pikiran akan reda dengan sendirinya.

Maka itu anda cuma perlu mengurus lafalan Amituofo saja, jangan hiraukan bentuk-bentuk pikiran, meskipun khayalan bermunculan gila-gilaan, satupun takkan kupedulikan, begini sudah betul, lama kelamaan bentuk-bentuk pikiran akan kian berkurang, pikiran akan kian suci. Ketika hatimu suci dan bersih, ketulusan dan rasa hormat akan muncul keluar.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-167
Tanggal : 13 Juni 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




确实,我们一般人都做不到一念不生,怎么办?我们就生一念。一念是什么?念阿弥陀佛。我们一念阿弥陀佛来帮助我们克服妄想,妄想多没关系,你就念佛,不要去管那个妄想,妄想愈管愈多,也不用想去断它,愈断它愈断不了。夏莲老他闭关念佛就特别有体会,念佛不必断妄想,「欲断妄想,去一添两」。去一个妄想,添两个妄想,想断妄想那也是妄想。干脆就不理它,随它去,把心就专注在佛号,只理会阿弥陀佛,不理会妄想,妄想自然就断了。所以你坚定不移的抓住这句佛号,妄想由它打去,多就多,我就是一个不理会,这样就行,念久了心就清净。当你心清净,诚敬就出来了。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一六七集)  2012/6/13  香港佛陀教育协会