Selasa, 18 Oktober 2016

Memaksakan kehendak


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apa yang dimaksud dengan memaksakan kehendak?

Umpamanya sekarang saya memaksakan diri harus mengubah kebiasaan hidupku, mengubah lingkungan tempat hunianku, mencari sebuah tempat yang cocok buat melatih diri. Kalau begini berarti masih belum memahami esensi dari 48 tekad agung Buddha Amitabha, atau masih mencari Dharma di luar diri.

Maka itu dia masih memiliki kekhawatiran, hatinya tidak teguh dan kokoh, masih mencari-cari tempat yang sesuai dengan impiannya.

Masalahnya setelah cari ke sana kemari, hatinya masih juga bimbang dan tidak teguh, walaupun berhasil menemukan tempat yang hening dan sunyi, setelah melafal Amituofo selama setahun tapi masih juga tidak punya keyakinan terlahir ke Alam Sukhavati. Apa alasannya? Oleh karena tidak memahami kebenaran. 

Maka itu saya nasehati anda agar perbanyak mendengar ceramah Dharma, terutama mengenai 48 tekad agung Buddha Amitabha, yang diceramahkan oleh guru kita Master Chin Kung, dengan demikian barulah memahami ternyata terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah hal yang sulit, asalkan tidak memiliki keraguan sama sekali, anda pasti bisa terlahir ke Alam Sukhavati!

Setelah mendengar ceramah Dharma dan memahaminya, barulah dihatimu akan muncul rasa muak pada alam saha dan bersukacita pada Alam Sukhavati, Alam Sukhavati begitu bagus, semoga bisa sesegera mungkin menuju ke sana.   
  
Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-144
Tanggal : 18 Pebruari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




什么叫攀缘?我现在硬要改变自己的生活方式,改变自己居住环境,找一个所谓适合自己修行的地方来修行。这都是还没真正领悟到阿弥陀佛四十八大愿的精髓,还是在心外求法,所以他有疑虑,他心里不踏实,他要去找一个让自己踏实的地方。问题,找来找去他心还是不踏实,找到个很清净环境,念上一年,好像还往生没把握。什么原因?道理没真正搞清楚。所以我建议你多听经,尤其是听阿弥陀佛四十八大愿,第六品,师父讲《科注》刚刚讲完第六品。或者是听上一回的《大经解演义》,专听第六品,你就能听懂。听懂了之后,你就会喜笑颜开,原来往生其实并不难,你只要真正没有怀疑,对这个娑婆世界没有任何牵挂了,你就决定往生!你真正把经听明白了,你才生起厌离娑婆、欣求极乐的心,极乐世界那么好,希望早一点去。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一四四集)  2012/2/18  香港佛陀教育协会