Kamis, 20 Oktober 2016

Bisnis pengangkutan produk daging


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Menjalani bisnis pengangkutan produk daging hewani, apakah akan memikul beban karma.

Boleh dikatakan ini sedang membantu orang lain makan daging, makan daging juga ada sangkut pautnya dengan pembunuhan, jadi boleh dikatakan bisnis anda berhubungan dengan pembunuhan.

Tapi hubungan ini adalah secara tidak langsung, jadi apakah bisnis ini masih perlu dilanjutkan atau tidak, keputusannya terpulang kembali pada diri anda sendiri. Meskipun hubungan ini tidak langsung, tapi tetap saja ada beban karma yang harus dipikul, walaupun mungkin saja lebih ringan dibandingkan dengan pelaku utama.

Kalau memang tidak ada pilihan lain, maka anda boleh melimpahkan jasa kebajikan dari membaca sutra, melafal Amituofo, melepaskan satwa ke alam bebas, mencetak buku Dharma dan kebajikan lainnya, kepada mereka, supaya mereka bisa memperoleh manfaat dari pelimpahan jasa ini.

Oleh karena daging mereka telah diolah jadi produk daging kering, sementara itu anda sebagai seorang praktisi Ajaran Buddha, menjalankan bisnis pengangkutan produk daging hewani, dengan jalinan jodoh ini, anda menimbun jasa kebajikan buat mereka, mereka juga bisa mendapatkan manfaatnya.     

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-175
Tanggal : 18 Juli 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




这个严格说来,确实也是帮助大家吃肉,吃肉也跟杀生有关,所以严格来说,它跟杀生还是有点关系。但是这是间接的关系,该不该做,你自己去判断。至少我们不能做直接的杀业,这是至少,间接的罪业会轻,但是它有一点关联都会有一点因果,自己去衡量。如果是实在没办法避免,怎么办?你可以多读经、念佛修持功德,或者是做放生、印经这些善事,给它们回向,这也是一种补救的方法,而且它们真得到利益。因为它们被宰杀了做成肉脯,你是学佛的,你做运输行业,能够因为这个因缘,你给它做功德,它也受益。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一七五集)  2012/7/18  香港佛陀教育协会