Senin, 17 Oktober 2016

Ibu dan anak beda keyakinan


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Ibunda memeluk agama lain, saat menjelang ajal, apa yang harus dilakukan?

Ibunda anda memeluk Agama Nasrani, tidak perlu meminta beliau ganti agama, oleh karena Buddha Dharma bukanlah agama melainkan pendidikan, dimana semua pemeluk agama boleh menerimanya, menerima Ajaran Buddha yang indah sempurna.

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, di India terdapat 96 jenis aliran kepercayaan, mereka berbondong-bondong datang dan belajar pada Buddha Sakyamuni, tetapi Sang Buddha tidak meminta mereka agar mengubah keyakinan yang mereka anut sebelumnya.

Sang Buddha hanya mengajari mereka, janganlah berbuat jahat, perbanyaklah kebajikan, menghapus kesesatan mengembangkan pencerahan, agar mereka bisa lebih baik lagi menjalankan keyakinan masing-masing.

Demikian pula dengan ibunda anda, tidak perlu mengubah keyakinan yang selama ini telah beliau jalankan, namun Ajaran Buddha juga dapat merangkulnya.

Saat ibunda menjelang ajal, kita dapat membantu mendoakannya agar beliau dapat terlahir di alam yang lebih baik. Kemudian menjelaskan makna dan tujuan Zhu Nian kepada beliau, agar beliau jangan menganggapnya sebagai kepercayaan takhayul.

Zhu Nian = kegiatan membantu pasien melafal Amituofo

Setiap pemeluk keyakinan agama juga mengetahui adanya dunia dan akhirat, jadi kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kehidupan itu dapat dibedakan atas lahiriah dan batiniah, setelah tubuh ini mati masih ada batin atau roh. Bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas batin, dan ke mana roh ini kelak akan menuju?

Jadi, Zhu Nian ditujukan selain untuk meningkatkan kualitas batin, juga mendoakan agar beliau dapat terlahir ke tempat yang lebih baik. Untuk melakukan Zhu Nian, cara yang terbaik adalah melafal Amituofo.

Jelaskan pada ibunda, bahwa dengan melafal Amituofo juga bisa terlahir di Surga, Buddha Amitabha akan mewujudkan harapan para makhluk, jadi takkan memaksa seseorang harus terlahir ke Alam Sukhavati.

Anda tidak sudi ke Alam Sukhavati dan lebih memilih Surga, Buddha Amitabha juga akan merestuinya, namun yang penting, dengan melafal Amituofo, takkan jatuh ke tiga alam penderitaan.

Seperti yang disebutkan dalam “Ksitigarbha Sutra”, saat menjelang ajal, apabila dapat mendengar nama Buddha atau Bodhisattva, orang ini meskipun semasa hidup melakukan banyak karma buruk, oleh karena saat menjelang ajal mendengar nama Buddha atau Bodhisattva, juga dapat memperoleh pembebasan, takkan jatuh ke tiga alam penderitaan.  

Apabila ibunda malah berniat terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal beliau juga dapat melafal Amituofo, maka Buddha Amitabha akan muncul di hadapannya dan menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati.

Maka itu jasa kebajikan dari sepatah Amituofo sungguh tak terbayangkan, Buddha Amitabha bertekad menyelamatkan semua makhluk, merangkul keseluruhannya, bahkan menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan para makhluk, bila anda berniat lahir di Surga, tentu saja Buddha Amitabha akan mengabulkan niat hatimu, bila anda berniat lahir di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha juga akan merestuinya, yang penting anda bersedia melafal Amituofo.

Sedangkan bagaimana upacara duka diselenggarakan, juga harus menuruti pesan terakhir dari ibunda, sesuai dengan keinginan beliau, namun demikian, anda perlu memberitahu ibunda, bahwa kami membantumu melafal Amituofo adalah dengan ketulusan hati yang mendalam benar-benar ingin membantumu.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-137
Tanggal : 24 Januari 2012
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation




你母亲信仰基督教,不必让她改变信仰,因为佛法不是宗教,它是教育,它可以跟任何宗教和合,任何宗教的人都可以接受教育,接受佛陀至善圆满的教育。佛陀当年在世的时候,印度就有九十六种宗教,他们统统都来跟佛学习,接受佛陀的教诲,佛陀也没有让他们改变自己的宗教,说要信仰我这个宗教,没有,你不必改变你的宗教信仰。佛教你只是断恶修善、破迷开悟,让你成为那个宗教里面更好的宗教徒。所以你母亲是基督教的,如果她能学佛,她能做基督教里的菩萨。菩萨是一个学位的名称,阿罗汉、菩萨、佛,这是三个学位,谁都可以拿,它不分种族,不分宗教,不分男女老少、各行各业,只要你认真的学,你能达到一定的标准,你就能拿到这个学位。

临终助念的问题,这是真正帮助她下一生到好地方去。要把这个助念的原理、意义跟母亲讲清楚,让她不会觉得有什么迷信色彩。大概信仰宗教的人都有这样的共识,知道我们的生命不只是这个肉体的生命,更重要是我们的灵魂,灵性的生命。如何让我们的灵性生命提升,这是宗教探索的终极的问题,我们的灵魂、灵性要回归到哪里去?所以助念就是帮助我们灵性生命,在我们这一期生命结束和下一期生命开始之前,这个转折期我们能够得到提升。那助念最好的方法还是念佛名号。

可以跟你母亲讲一讲,你念阿弥陀佛,你想求生天道,到神那里,完全可以。阿弥陀佛满一切众生的愿,绝不会把你生拉硬拽到西方极乐世界去,你不想往生,他也就满你的愿,但是你绝对不堕三恶道。像《地藏经》里讲的,临终的时候能够听得一佛菩萨名号,闻在本识,这个人即使是一生造作了很多罪业,因为在临终闻得一佛菩萨名号,都能得到解脱,都不堕三恶道。假如他愿意求往生,临终时候他能念佛,就能够见阿弥陀佛来接引,就能够往生西方极乐世界。所以佛号功德不可思议,而且阿弥陀佛心量大,什么样的众生都可以包容,而且绝对是恒顺众生、随喜功德,你想往生天道,阿弥陀佛肯定满你的愿,你想往生极乐世界,阿弥陀佛也能满你的愿,只要你肯念佛。至於说助念搞什么形式都是次要的,你母亲喜欢什么形式就可以用什么形式,但是你要跟她讲,我们帮你念佛,真正是帮助你。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三七集)  2012/1/24  香港佛陀教育协会