Kamis, 20 Oktober 2016

Membunuh secara tidak sengaja


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Apakah membunuh secara tidak sengaja juga telah melanggar sila tidak membunuh?

Membunuh secara tidak sengaja tidak termasuk melanggar sila tidak membunuh, oleh karena anda tidak punya niat atau kehendak (cetana), tetapi makhluk lain harus kehilangan nyawa.

Maka itu mesti berhati-hati pada semut, bahkan juga membangkitkan hati yang penuh penyesalan, melimpahkan jasa kebajikan kepada mereka, dan yang paling penting adalah menghentikan niat membunuh.

Kemudian juga jangan ada niat mengambil keuntungan dari orang lain, atau memanfaatkan orang lain, terutama bagi praktisi yang telah mengambil Lima Sila, jangan sampai ada niat sedemikian rupa.

Pada umumnya yang disebut sebagai pelanggaran sila, apabila anda telah melakukannya dalam bentuk tindakan atau ucapan.

Tetapi lain halnya dengan Sila Bodhisattva, hanya terlintas dalam pikiran saja sudah termasuk pelanggaran sila, jadi jangankan berbuat, memikirkannya saja tidak boleh.

Walaupun sulit, tetap harus membangkitkan niat menjadi Bodhisattva, perlahan-lahan meningkatkan kualitas batin, sampai ketika tidak timbul niat pikiran lagi, maka takkan melanggar sila lagi.

Ketika anda mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo, saat itu di hati anda cuma ada lafalan Amituofo saja, maka anda takkan melanggar sila lagi, pengamalan sila anda telah jadi sempurna.

Petikan Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-150
Tanggal : 10 Maret 2012
HK Buddhist Education Foundation




这个误杀不算是破杀戒,因为你没这个杀心,但是命是要偿的。所以尽量的要小心虫蚁,而且要向它们多忏悔,功德回向给它们,而最重要断杀心。想不偷盗,断占便宜的心。当然一般受了五戒,你说起了贪便宜的心,立刻把它放下,这个不算犯戒,光起心,你没动作,不算。戒律它有所谓的开遮持犯,有讲求,一般讲你起了心,你有动作,形成后果了,这才叫犯戒。但是菩萨的戒是心都不能动,你这不是受菩萨戒,你就不属於那一类。但是要发心要作菩萨,渐渐提升自己,到你心都不动的时候,那什么戒都不犯了,这叫定共戒,你念佛念三昧了,你心里只有佛号,你什么戒都不犯,戒圆满了;到你明心见性开悟了,道共戒,那就更圆满了。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一五0)  2012/3/10