Selasa, 25 Oktober 2016

Cara melenyapkan nafsu indria


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Bagaimana cara melenyapkan nafsu indria?

Nafsu indria merupakan bentuk khayalan, tabiat yang dipelihara sejak kalpa tanpa awal. Pertama-tama anda harus meredakannya, mulanya memang sulit dilenyapkan, tabiat manusia ini amat mendalam dan berat. Bagaimana cara meredakannya?

Kita mesti memusatkan perhatian mempelajari ajaran insan suci dan bijak. Setiap hari mendengar ceramah Dharma, melafal Amituofo, supaya hatimu suci, khayalan yang merupakan kekotoran batin (klesa) ini perlahan-lahan akan reda dan jadi hambar. Hatimu akan kian suci, kebijaksanaanmu akan kian tinggi, nafsu khayalmu akan kian berkurang.

Andaikata anda merasa nafsu indriamu terlampau berat, boleh disembuhkan. Bagaimana cara menyembuhkannya? Dengan membaca buku-buku yang melarang perbuatan asusila, saya menyarankan buku “Anshi Quanshu”, di dalamnya ada bab “Yuhai Huikuang”.

Tempo dulu saya juga membaca buku ini berulang kali, setiap kali membacanya bagaikan Bodhisattva memecikkan air amerta di atas kepalaku, terasa sejuk dan bebas, benar-benar dapat mengurai ikatan nafsu indria diri sendiri.

Terutama pemuda yang berusia 20 sekian tahun, yang dibesarkan dalam lingkungan masyarakat yang tercemar, bagaimana bisa kuat menghadapi godaan? Yang dapat kuat menghadapinya bukanlah manusia biasa, ini pasti adalah jelmaan Bodhisattva.    

Apabila anda benar-benar ingin menghapus kekotoran batin, maka harus memiliki ketrampilan melatih diri. Selain itu juga harus mengamalkan sila, terutama mesti menjaga jarak antara pria dan wanita. Oleh karena kalau terlalu dekat, benih-benih tabiat jahat yang terdapat di dalam Alaya-vijnana (gudang kesadaran) akan mudah muncul ke permukaan, ada faktor pendukung maka mudah muncul, setelah muncul maka akan menciptakan karma buruk, oleh karena melakukan satu kesalahan akhirnya menjadi penyesalan seumur hidup, ini sungguh buruk.  

Harus percaya bahwa sifat manusia pada mulanya adalah baik, sifat dasarnya adalah tercerahkan, nafsu indria itu semula memang tidak ada, tetapi oleh karena anda tidak sudi melepaskan khayalan dan kemelekatan, asalkan anda memiliki tekad yang bulat untuk melenyapkannya maka anda pasti bisa berhasil.

Perbanyak membaca buku-buku tentang Hukum Sebab Akibat, mengetahui bahwa nafsu indria merupakan sumber dari segala kejahatan, akibat tindakan asusila adalah sungguh tragis dan pahit.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian   
       Serial ke-136
       Tanggal : 21 Januari 2012
       Bertempat di :  HK Buddhist Education Foundation 

   



这个淫念是一种妄念,无始劫来养成的习气。首先你要去淡化它,一开始断很难断,凡夫这个习气很深重。怎么淡化?我们把注意力要集中在圣贤教诲上。你每天都听经、念佛,让你的心清净,这些烦恼妄念它慢慢就淡了。你心愈清净,你的智慧愈高,你的欲望愈少。如果你觉得自己的淫念特别重,可以对治。怎么对治?可以专看一些戒淫的书,我首推《安士全书》里面的「欲海回狂」。这本书我过去也是看了好多遍,每看一遍就如同菩萨甘露水浇头,清凉自在,真的能够化解自己的淫心。尤其是二十多岁年轻人,这个念头在这样的社会的污染环境里头,你说一般的怎么能降伏得住?能降伏得住的都不是普通人,这是菩萨再来。你要真正对治烦恼,要下功夫。另外平常一定要持戒,特别是在男女交往当中保持距离。因为过於亲密,阿赖耶识的这些业习种子就很容易现,有缘就会现,现了就会造罪业,造成一失足成千古恨,这就很不好。要相信人之初性本善、性本觉,淫心本来没有,就是你这个妄念你不肯放下,你执著它,你猛然放下就没有了。要多看因果类的书,知道淫为万恶之首,造作淫的行为,邪淫那个罪报是很惨烈。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三六集)  2012/1/21