Kamis, 10 November 2016

Melimpahkan jasa kepada musuh


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Melimpahkan jasa kebajikan kepada musuh kerabat penagih hutang, mereka bisa memperoleh manfaat besar

Melimpahkan jasa kebajikan kepada musuh kerabat penagih hutang, mereka akan memperoleh manfaat besar. Kalau anda cuma melakukan kebajikan, tapi di dalam hati tidak suci, manfaat yang akan mereka peroleh tidaklah besar, dengan perkataan lain, mereka masih belum bisa memaafkan kita.

Setelah melakukan banyak kebajikan, kadang kala orang justru bisa menjadi sombong, merasa diri sendiri sudah hebat, lihatlah saya sudah melakukan banyak kebajikan, saya telah melakukan banyak kebajikan buat musuh kerabat penagih hutang, mereka seharusnya berterimakasih padaku.

Lihatlah, mana ada dia bertobat? Maka itu begitu keangkuhannya muncul, hati yang bertobat itu pupus sudah, hati pun jadi tidak suci lagi, serupa dengan ucapan Kongzi bahwa andaikata anda masih pongah dan kikir, meskipun anda memiliki bakat dan kepribadian seindah Zhou-gong, ataupun anda bisa menjadi pendukung Ajaran Buddha yang sehebat Kaisar Liang Wudi, tetapi pada akhirnya malah tidak ada jasa kebajikannya sama sekali. Kongzi berkata bahwa orang sedemikian rupa tidak perlu diamati lagi, oleh karena prilaku bajiknya tersebut hanyalah semu belaka. 

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-134
Tanggal : 5 Januari 2012



真正用功德回向给冤亲债主,他们就得到大利益。你光是做善事,如果心不清净,他们得到利益也并不算很大,换句话说,他们可能还是不会饶恕我们。做善事做多了,有些人确实容易生我慢心,觉得我自己很了不起,你看我做了那么多的善事,我为冤亲债主做了那么多那么多好事,他们就应该感恩我才对。你看他哪有忏悔心?所以一傲慢,忏悔心就没有了,心也不清净了,就像梁武帝一样。孔子说得好,「如有周公之才之美,使骄且吝,其余不足观也已」。有一个傲慢,有一个吝啬,即使你有周公之才美,你像梁武帝那样做大护法,佛门大护法,最后并无功德。不足观也已,孔子说这种人不用看,他那个德行是假的。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第一三四集)  2012/1/5