Minggu, 23 Oktober 2016

Setelah menikah malas melatih diri


Petikan Ceramah Venerable Ding Hong :
Setelah menikah dan punya anak, jadi malas melatih diri, bagaimana sebaiknya?

Ini dikarenakan bertambahnya kemelekatan pada ikatan cinta, maka itu menikah dan punya anak juga merupakan sebuah hambatan dalam melatih diri, sebagian praktisi juga sulit melewatinya.  

Terutama bagi ibunda yang mengandung anaknya selama 10 bulan, ikatan kasih sayang yang telah dijalin tersebut betapa mendalamnya. Mulanya sebelum punya anak, anda masih begitu rajin melatih diri, setelah menikah dan punya anak jadi malas dan mundur hatinya. Lantas apa yang harus dilakukan sekarang?

Anda harus belajar melepaskan kemelekatan pada ikatan cinta, bagaimana membesarkan dan mendidik anak dengan baik. Oleh karena dengan kemelekatan cinta, tidak bisa mendidik anak dengan baik, tapi harus dengan akal sehat dan kebijaksanaan. 

Anda menyayangi anak juga harus bijaksana, barulah dapat membantunya, ini barulah cinta sejati, kalau memakai perasaan emosional untuk mendidik anak, maka ini bukanlah kasih sejati.

Master Yin Guang mengajari kita bagaimana cara mendidik anak yaitu yang pertama, diri sendiri mesti menghindari nafsu keinginan terutama nafsu indria, ketika sedang mengandung anak hendaknya menghindari melakukan hubungan suami istri, agar anak dapat tumbuh di lingkungan yang suci.

Yang kedua adalah diri sendiri mesti mengembangkan etika moral, di dalam rumah memenuhi kewajiban sesuai dengan peranan, berbakti pada bapak dan ibu mertua, berbakti pada ayahbunda, menghormati suami, memenuhi kewajiban sesuai dengan peranan dalam rumah tangga adalah demi menimbun pahala yang tebal buat si anak.

Yang ketiga, menitikberatkan pada pendidikan dalam kandungan, yakni si ibu mesti giat belajar dan mengamalkan ajaran budi pekerti sejak mengandung si anak.

Dipetik dari : Ceramah Venerable Ding Hong
Judul : Pokok Bahasan Melatih Diri dan Kehidupan Keseharian
Serial ke-202
Tanggal : 11 Desember 2012      



对,这是情执增加的表现,竟然都舍不得去西方,那就是情执太重了。所以结婚生子这也是一个障碍,一般人都不容易突破。特别是母亲十月怀胎,跟孩子的那种深厚的感情就结下来了,本来你没有孩子之前都挺精进、挺勇猛,一结婚一生子往往都会出现倒退。但是你现在已经是这个问题了,最重要的要把情执放下,我要想到我怎么把孩子教好。用情执不能教好孩子,要用理智。你即使是爱孩子也要用理智,真正对他有帮助,这才是真爱,光是情执也不是真爱。那怎么样?一定要读《天下太平之根本》,这本书是你现在最需要最需要。尤其是印光大师教我们怎么来求子,这里头讲了「求子三要」,我记得这是这里头讲到的。第一个,自己要节制欲望,特别是男女之欲,怀孕了就全部都断绝,让孩子能够在一个清净的环境里成长。第二个,一定要自己多修德,在家里敦伦尽分,孝顺公婆、孝顺父母、尊敬丈夫,自己敦伦尽分为孩子培养厚的福报。第三,你要注重胎教。我看你寄这个问题的时间是十月十五号,今天已经是十二月十一号,两个月过去,换句话说,你已经怀孕八个月了,剩下两个月,抓紧时间还来得及。

  选自 修行与生活座谈会  定弘法师主讲  (第二0二集)  2012/12/11